Lima Pemain Senior Tanpa Seleksi di Timnas Indonesia U-23

CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 11:21 WIB
Lima Pemain Senior Tanpa Seleksi di Timnas Indonesia U-23 Pemain senior yang dipanggil Timnas Indonesia U-23 tidak akan melewati proses seleksi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih kepala Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, bakal memanggil lima pemain senior untuk memperkuat Garuda Muda di SEA Games 2019 di Filipina. Lima pemain senior itu tanpa melalui proses seleksi atau lolos langsung ke Timnas Indonesia U-23.

Ajang ke-30 pesta olahraga di Asia Tenggara tersebut rencananya berlangsung di Filipina pada 30 November sampai 11 Desember 2019. Sebanyak 57 cabang olahraga dipertandingkan di SEA Games 2019.

"Yang jelas kami daftarkan lima pemain senior pada 2 September, tak perlu ada pemanggilan untuk [pemusatan] latihan, karena mereka secara reguler main di Liga 1. Hampir semua posisi diambil [untuk pemain senior]," kata Indra kepada para awak media.


Menurut Indra Sjafri, pemain senior terbaik yang akan dipanggil ke Timnas Indonesia U-23. Nama striker Beto Goncalves sempat disinggung mantan pelatih Bali United itu. Namun Indra membantah Beto sebagai pemain naturalisasi.

"Kalau sekarang, saya pikir istilahnya bukan naturalisasi lagi. Dia [Beto] saya pikir sudah warga negara Indonesia," ucap Indra.

Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani tak dapat garansi masuk Timnas Indonesia U-23.Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani tak dapat garansi masuk Timnas Indonesia U-23. (ANTARA FOTO/R. Rekotomo/aww)
"Yang saya tidak mau itu saat saya pegang, saya minta naturalisasi. Tapi sekarang kan dia sudah warga negara Indonesia, diskriminasi dong kalau tidak saya panggil," Indra menambahkan.

Selain pemain senior, Indra juga berencana untuk memanggil gelandang Lechia Gdansk dan Pahang FA, Egy Maulana Vikri serta Saddil Ramdani.

Lima Pemain Senior Tanpa Seleksi di Timnas Indonesia U-23
"Untuk pemain di luar termasuk Egy dan Saddil hanya kami panggil ketika FIFA match day pada September. Untuk Egy, kalau bisa sepekan sebelum FIFA match day sudah bergabung," tutur Indra.

Kendati demikian, Indra Sjafri tidak akan menggaransi nama Egy Maulana dan Saddil Ramdani otomatis masuk Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games mendatang.

"Saya tidak bisa bilang mereka aman bela Timnas Indonesia U-23, karena bisa saja klubnya menolak," kata Indra. (map/sry)