Marquez: Yamaha Pesaing Utama Bukan Ducati

CNN Indonesia | Rabu, 24/07/2019 05:33 WIB
Marquez: Yamaha Pesaing Utama Bukan Ducati Marc Marquez menilai Yamaha akan jadi pesaing berat di MotoGP 2019. (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Honda, Marc Marquez, meyakini Maverick Vinales (Monster Yamaha) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) akan jadi pesaing utamanya di paruh kedua MotoGP 2019.

Marquez melihat pebalap Yamaha akan memberikan perlawanan sengit ketimbang pebalap Ducati, khususnya Andrea Dovizioso. Hal ini mengacu performa pebalap Yamaha jelang paruh musim MotoGP 2019.

Dovizioso merupakan pesaing utama Marquez dalam perburuan gelar MotoGP sejak 2017 dan saat ini pebalap asal Italia itu berada di posisi kedua klasemen dengan selisih 58 poin dari Baby Alien. Sedangkan posisi ketiga ditempati pebalap Ducati lainnya, Danilo Petrucci.


Namun performa Ducati belakangan mengalami penurunan. Tren itu berbanding terbalik dengan Yamaha yang justru mengalami peningkatan pesat dengan keberhasilan Vinales jadi juara MotoGP Belanda dan runner-up di MotoGP Jerman.

Maverick Vinales bisa jadi ancaman serius untuk Marc Marquez. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)
Selain hasil apik yang diraih Vinales, pebalap dari tim satelit, Quartararo, selalu tampil cepat di sesi latihan bebas maupun kualifikasi. Pebalap asal Prancis itu dua kali mengukir pole position.

"Tentu saja, Ducati akan kembali [kuat] dan mereka akan sangat cepat. Namun saat ini pebalap yang harus dikalahkan adalah duo Yamaha, Vinales dan Quartararo," ujar Marquez seperti dikutip dari Autosport.

"Saya pikir mereka akan jadi yang tercepat di paruh kedua balapan musim ini."

Petrucci tak memungkiri Ducati sedang mengalami masa sulit khususnya jelang paruh pertama MotoGP 2019. Situasi ini bisa dimanfaatkan Yamaha yang belakangan mulai rutin bersaing dengan Honda.

"Sekarang masalahnya adalah Maverick memperoleh poin tetapi untuk bertarung dengan mereka, kami membutuhkan sesuatu yang lebih," ia menuturkan.

Paruh kedua balapan MotoGP 2019 akan berlangsung di MotoGP Ceko. Balapan akan berlangsung di Sirkuit Masaryk, 4 Agustus mendatang. (jal/jun)