Messi Resmi Dihukum CONMEBOL Terkait Copa America

CNN Indonesia | Rabu, 24/07/2019 12:16 WIB
Messi Resmi Dihukum CONMEBOL Terkait Copa America CONMEBOL hukum Lionel Messi terkait komentar di Copa America 2019. (REUTERS/Amanda Perobelli)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang timnas Argentina Lionel Messi mendapat hukuman dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan, CONMEBOL, terkait komentar kontroversial di Copa America 2019.

Messi mendapat sorotan di akhir-akhir Copa America tahun ini yang digelar di Brasil. Pemain berjuluk La Pulga itu tercatat dua kali melontarkan pernyataan kontroversial mengenai ajang terbesar di Amerika Latin tersebut.

Usai La Albiceleste dikalahkan Brasil 0-2 di babak semifinal, Messi menyebut wasit-wasit di Copa America banyak melakukan hal omong kosong. Messi juga menuding Copa America 2019 sudah diatur untuk timnas Brasil menang.


Di laga berikutnya Messi menyatakan Copa America edisi ke-46 itu dipenuhi praktik korupsi. Messi melontarkan itu usai Argentina menang 2-1 atas Chile dalam perebutan peringkat ketiga.

Dalam pertandingan melawan Chile itu juga Messi mendapat kartu merah setelah berseteru dengan Gary Medel. Saat penyerahan medali, Messi memilih absen karena tidak ingin terlibat dalam 'praktik' korupsi di Copa America 2019.

Hasrat Lionel Messi bawa timnas Argentina juara Copa America 2019 kandas usai dikalahkan Brasil di semifinal.Hasrat Lionel Messi bawa timnas Argentina juara Copa America 2019 kandas usai dikalahkan Brasil di semifinal. (REUTERS/Ueslei Marcelino)
Sejumlah pihak menilai Messi layak mendapat hukuman dari CONMEBOL terkait komentar kontroversialnya itu.

Di dalam peraturan soal larangan menghina institusi atau personel CONMEBOL, Messi bisa dikenakan hukuman larangan bermain selama dua tahun.

Tetapi, baru-baru ini CONMEBOL menjatuhkan hukuman yang lebih ringan kepada Messi. Dikutip dari Euronews, penyerang 32 tahun itu hanya mendapat denda US$1.500 atau setara dengan Rp21 juta.

Messi Dihukum CONMEBOL Terkait Komentar di Copa America
Selain denda, Messi juga dihukum larangan bermain dalam satu pertandingan bersama timnas Argentina. Dengan hukuman itu Messi akan absen pada satu laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan pada Maret 2020 mendatang.

CONMEBOL juga mencabut hak Ketua Federasi Sepak Bola Argentina (AFA), Claudio Tapia, sebagai perwakilan atau salah satu pembuat keputusan di dewan FIFA. (sry/ptr)