Hampir Jadi WNI, Dutra Siap Lawan Malaysia di Pra Piala Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 25/07/2019 13:09 WIB
Hampir Jadi WNI, Dutra Siap Lawan Malaysia di Pra Piala Dunia Otavio Dutra ingin menjadi pemain Timnas Indonesia dan melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemain belakang Persebaya Surabaya asal Brasil, Otavio Dutra, mengaku siap memperkuat Timnas Indonesia melawan Malaysia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Timnas Indonesia bakal melakoni laga perdana dengan melawan Malaysia pada 5 September. Selain Malaysia, skuat Merah Putih juga akan berhadapan dengan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam yang tergabung dalam Grup G.

"Kami sudah tahu ya ada rivalitas tinggi [lawan Malaysia], tapi kami main di kandang. Semoga coach [Simon McMenemy] bisa panggil saya. Saya yakin akan menang. Itu harapan saya dan seluruh rakyat Indonesia," kata Dutra.


Sebelumnya, Dutra tidak bisa membela Timnas Indonesia lantaran proses naturalisasi Warga Negara Indonesia (WNI) masih belum rampung.

Kini status WNI Dutra hampir selesai setelah mendapat rekomendasi dari Komisi X DPRI RI pada Rabu (24/7) malam. Ketua Komisi X DPR RI, Djoko Udjianto, mengatakan rekomendasi tersebut bisa ditindaklanjuti bersama rekomendasi Komisi III DPR RI, untuk disampaikan kepada Kemenkumham sehingga bek 36 tahun tersebut mendapatkan warga negara Republik Indonesia secara penuh.

Otavio Dutra dan keluarga bahagia tinggal di Indonesia.Otavio Dutra dan keluarga bahagia tinggal di Indonesia. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi menyampaikan sudah tidak ada lagi soal kewarganegaraan yang mengganggu performa Dutra di Timnas Indonesia. Oleh sebab itu, Menpora meminta agar Dutra tampil baik dalam membela Timnas Indonesia khususnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Tentu kami mengajukan rekomendasi ini atas banyak dukungan sekaligus usulan dari pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. Pak Simon sangat optimistis sekali bilamana Dutra menjadi bagian dari timnas," ucap Imam.

Hampir Jadi WNI, Dutra Siap Lawan Malaysia di Pra-Piala Dunia
Bahagia di Indonesia

Persebaya merupakan klub pertama Dutra di Indonesia sebelum pindah ke Persipura Jayapura dan Bhayangkara FC, lalu kembali ke Bajul Ijo.

Sebelum ke Indonesia, Dutra bermain di Liga Brasil dan mengaku pernah berhadapan dengan legenda Tim Samba seperti Ronaldinho, Kaka, hingga Robinho.

Ketika tiba di Indonesia pada 2010, Dutra langsung jatuh hati. Dutra juga berjanji ingin membantu Timnas Indonesia menjadi tim yang lebih baik lagi.

"Saya sudah tahu sepak bola, fanatisme, budaya, semua [tentang Indonesia]. Jadi pengetahuan itu membuat saya lebih mudah untuk belajar," ujar Dutra.

"Hanya dalam waktu empat bulan, saya bisa bahasa Indonesia. Keluarga saya bahagia di sini dan kami memutuskan tinggal di sini selamanya," sambungnya. (map/nva)