Peluang Timnas Indonesia U-15 Pertahankan Gelar di Piala AFF

CNN Indonesia | Jumat, 26/07/2019 18:56 WIB
Timnas Indonesia U-15 berpeluang mempertahankan gelar juara Piala AFF U-15 jika mampu melewati adangan Vietnam di fase grup. Bima Sakti pimpin Timnas Indonesia U-15 di Piala AFF U-15 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-15 terjun di Piala AFF U-15 2019 dengan status juara bertahan. Kini, skuat arahan Bima Sakti bakal menghadapi tugas berat untuk mempertahankan gelar yang pernah diraih tahun lalu.

Prestasi juara memang tak layak dibebankan kepada tim kelompok umur. Namun, tak ada salahnya jika tim Garuda Nusantara bertekad untuk mengulangi kesuksesan seperti tahun lalu.

Hanya saja, perjuangan Timnas U-15 kali ini bertambah berat. Sebab, Piala AFF U-15 2019 diikuti 12 negara. Australia yang absen pada tahun lalu, kini kembali masuk dalam peta persaingan.


Timnas U-15 tergabung di Grup A bersama Vietnam, Myanmar, Timor Leste, Singapura, dan Filipina. Tanpa meremehkan kekuatan tim lawan, tim Merah Putih berpeluang lolos dari fase grup.

Namun, Indonesia harus bersaing ketat melawan Vietnam dan Myanmar yang punya prestasi bagus di turnamen kelompok umur. Vietnam sendiri telah mengoleksi tiga gelar di ajang ini sementara Myanmar tercatat dua kali juara.

Timnas Indonesia U-15 berpeluang mengulangi kesuksesan tahun lalu.Timnas Indonesia U-15 berpeluang mengulangi kesuksesan tahun lalu. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Namun, Indonesia harus berjuang lebih keras sejak awal turnamen. Sebab, lawan yang bakal dihadapi adalah Vietnam yang menjadi salah satu tim favorit untuk lolos ke final.

Langkah Indonesia melaju ke semifinal bisa lebih ringan jika mampu mengalahkan Vietnam di laga perdana. Marcel Januar dan kawan-kawan tinggal menjaga konsistensi untuk menghadapi empat tim lainnya termasuk Myanmar.

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20190502175041-156-391469/jadwal-lengkap-motogp-2019
Andai berhasil lolos ke semifinal, Indonesia kemungkinan akan ditantang dua tim favorit juara: Australia dan Thailand yang dinobatkan sebagai unggulan di Grup B.

Thailand adalah tim langganan ke final dengan torehan tiga kali juara. Sementara Australia sudah dua kali mencicipi juara di turnamen antarnegara ASEAN.

Dengan status sebagai tuan rumah, Thailand berpeluang menyabet status juara grup didampingi Australia. Oleh karena itu, Indonesia wajib menyandang juara Grup A demi menghindari Thailand di semifinal.

Jika sukses lolos ke final bersama Thailand, maka ini bakal jadi final ulangan edisi 2018 di mana Bagus Kahfi dkk berhasil memastikan gelar lewat drama adu penalti lawan Thailand dengan skor 4-3. (jun/nva)