Rossi Dirayu Turun ke Kejuaraan Dunia Superbike

CNN Indonesia
Kamis, 01 Agu 2019 12:07 WIB
Pebalap MotoGP yang saat ini membela Yamaha, Valentino Rossi, dirayu turun ke Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK). Pebalap MotoGP Valentino Rossi dirayu turun ke WSBK. (JUAN MABROMATA/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap MotoGP yang saat ini membela Yamaha, Valentino Rossi, dirayu turun ke Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK).

Rayuan tersebut berasal dari Alvaro Bautista yang saat ini membela Ducati Corse di Kejuaran Dunia Superbike. Sejauh ini pebalap asal Spanyol itu sudah meraih 14 kemenangan untuk Ducati.

"Saya mendorong Valentino Rossi untuk bergabung di Kejuaraan Dunia Superbike. Paddock di sini lebih nyaman," kata Bautista seperti dikutip Speedweek.

"Rasanya akan menyenangkan bila dia ada di sini juga. Kehadiran dia bakal menambah banyak pebalap kuat sehingga membuat predikat peringkat pertama menjadi lebih bernilai," katanya menambahkan.

Valentino Rossi makin kesulitan bersaing di papan atas klasemen MotoGP.Valentino Rossi makin kesulitan bersaing di papan atas klasemen MotoGP. (AP Photo/Jens Meyer)
Bautista memutuskan untuk berganti haluan dari MotoGP ke WSBK pada Agustus 2018.

Dalam klasemen sementara WSBK musim ini, Bautista duduk di peringkat kedua dengan 352 poin. Pebalap berusia 34 tahun tersebut terpaut 81 poin dari Jonathan Rea yang membela Kawasaki.

Rossi Dirayu Turun ke Kejuaraan Dunia Superbike
Selain Bautista, sederet pebalap legendaris seperti Max Biaggi, Carlos Checa, Alex Barros, dan almarhum Nicky Hayden, merupakan pebalap yang pernah mencicipi WSBK setelah pensiun dari MotoGP.

Bautista rayu Rossi tampil di Kejuaraan Dunia Superbike.Bautista rayu Rossi tampil di Kejuaraan Dunia Superbike. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Biaggi bahkan sempat dua kali mencicipi gelar juara WBSK pada 2010 dan 2012. Sementara pada 2011, gelar juara direbut Carlos Checa.

Penampilan Rossi yang mulai menurun di MotoGP bisa jadi salah satu alasan Bautista berani membujuk pebalap berusia 40 tahun itu. Dari sembilan seri balapan yang sudah bergulir, Rossi belum pernah menyabet juara.

Terakhir, Rossi menyelesaikan balapan dalam MotoGP Jerman dengan finis di urutan ke-8. Hasil ini menyebabkan dia berada di peringkat ke-6 dengan perolehan 80 poin dalam klasemen atau terpaut 105 poin dari Marc Marquez yang berada di puncak.

Seri MotoGP 2019 akan berlanjut di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu (4/8). Live streaming MotoGP Ceko bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. (jun/jun)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER