FOTO: Rekam Jejak Taufik Hidayat di Panggung Badminton

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 01/08/2019 13:36 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Perjalanan karier Taufik Hidayat diiringi prestasi yang fantastis namun tak lepas dari kontroversi. Ia kini diperiksa KPK, diduga terkait korupsi di Kemenpora.

Taufik memulai kariernya di klub Sangkuriang Graha Sarana (SGS) Elektrik Bandung. Di sana ia digembleng mantan pebulutangkis nasional Lie Sumirat. (AFP PHOTO/Roslan RAHMAN (Photo by ROSLAN RAHMAN/AFP)
Talenta besar Taufik Hidayat mulai terlihat usai menjuarai Kejuaraan Junior Bulutangkis Asia pada 1997 di Manila, Filipina. (ROSLAN RAHMAN/AFP)
Setahun berselang, Taufik Hidayat ikut menyumbang emas bagi Indonesia bersama tim beregu Putera di Asian Games 1998 yang digelar di Bangkok. (AFP PHOTO/Saeed Khan)
Taufik Hidayat jadi salah satu pebulutangkis tunggal putra terbaik yang pernah lahir. Ia diberkahi backhand dan jumping smash keras, drop shot akurat, footwork yang rapi serta permainan net yang mematikan. (AFP PHOTO/LIU JIN)
Taufik Hidayat jadi pebulutungkis tunggal putra Indonesia yang pernah juara Olimpiade mengikuti jejak fantastis Alan Budi Kusuma. Taufik sukses meraih medali emas Olimpiade Athena 2004 sementara Alan mendapat emas Olimpiade 1992. (AFP PHOTO/GOH CHAI HIN)
Taufik juga dikenal sebagai Raja Indonesia Open. Ia tercatat sudah enam kali menjuarai Indonesia Open sepanjang kariernya di tahun 1999, 2000, 2002, 2003, 2004, dan 2006. (AFP PHOTO/Oka BUDHI)
Dalam perjalanan kariernya, Taufik juga tak lepas dari kontroversi. Ia hanya mau dilatih Mulyo Handoyo, pelatih yang membantunya merebut emas Olimpiade. (AFP PHOTO/ROSLAN RAHMAN)
Taufik Hidayat total menyumbang 15 medali emas bagi Indonesia di berbagai ajang bergengsi di level senior. Di antaranya tiga emas Asian Games dan lima emas SEA Games. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)
Taufik Hidayat pensiun dari dunia badminton pada 2013 dan hingga kini Indonesia masih kesulitan mencetak penggantinya. (AFP PHOTO/TENGKU BAHAR)
Setelah pensiun Taufik Hidayat pernah bekerja sebagai staf khusus Bidang Komunikasi dan Kemitraan Kementerian Pemuda pada periode 2016-2018. Kini, ia menjadi salah satu saksi KPK terkait dugaan korupsi di tubuh KONI. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)