Belanda Dominasi Daftar Calon Pemain Terbaik FIFA 2019

CNN Indonesia | Kamis, 01/08/2019 18:44 WIB
Belanda Dominasi Daftar Calon Pemain Terbaik FIFA 2019 Tiga pemain timnas Belanda masuk daftar calon Pemain Terbaik FIFA 2019. (REUTERS/Francois Lenoir)
Jakarta, CNN Indonesia -- Daftar calon Pemain Terbaik FIFA 2019 didominasi para bintang sepak bola asal Belanda. Kehadiran mereka berpeluang merusak dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Ketiga pemain tersebut adalah Virgil van Dijk, Matthijs de Ligt, dan Frenkie de Jong. Masing-masing pemain ini berhasil mencuri perhatian setelah tampil cemerlang di kompetisi domestik dan Liga Champions.

Van Dijk misalnya. Bek andalan Liverpool ini menyandang gelar Pemain Terbaik Liga Primer Inggris dan sukses mengantar The Reds juara Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur.


Selain itu, Van Dijk juga ikut berperan membawa timnas Belanda ke final UEFA Nations League 2019. Sayang, De Oranje kalah 0-1 dari Portugal di laga final.

Virgil van Dijk salah satu kandidat kuat raih penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2019.Virgil van Dijk salah satu kandidat kuat raih penghargaan Pemain Terbaik FIFA 2019. (REUTERS/Carl Recine)
Sementara dua pemain Belanda lainnya, De Ligt dan De Jong, sukses mencuri perhatian bersama juara Eredivisie Ajax Amsterdam. Pesona keduanya berlanjut di Eropa usai mengantar Ajax ke semifinal Liga Champions usai menyingkirkan Juventus.

Sayang, De Godenzonen gagal melangkah ke final setelah kalah produktivitas gol tandang dari Tottenham Hotspur. Setelah menang 1-0 di London, Ajax malah kalah 2-3 dari Tottenham di Johan Cruijff Arena.

Belanda Dominasi Daftar Calon Pemain Terbaik FIFA 2019
Klub-klub elite Eropa pun berebut mendapatkan tanda tangan kedua pemain muda berbakat tersebut. De Jong lebih dulu direkrut Barcelona sementara De Ligt akhirnya menerima pinangan Juventus.

Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt gabung klub raksasa Eropa.Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt gabung klub raksasa Eropa. (REUTERS/Eva Plevier)
Ketiga bintang asal Belanda ini mewarnai daftar calon Pemain Terbaik FIFA 2019. Namun, mereka harus bersaing dengan nama-nama beken seperti Ronaldo dan Messi yang masing-masing telah mengoleksi lima gelar Pemain Terbaik FIFA.

Untuk menentukan pemain dan pelatih terbaik, FIFA membuka sistem voting bagi para fan di laman resmi. Selain dari suporter, vote juga akan dilakukan pelatih tim nasional anggota FIFA, kapten timnas, dan sejumlah media terverifikasi.

Nama-nama tersebut nantinya akan dikerucutkan menjadi tiga besar. Pengumuman pemenang pemain dan pelatih terbaik FIFA akan digelar di Milan pada 23 September 2019.

Calon Pemain Terbaik FIFA 2019:

1. Cristiano Ronaldo (Juventus/Portugal)
2. Frenkie de Jong (Barcelona/Belanda)
3. Matthijs de Ligt (Juventus/Belanda)
4. Eden Hazard (Real Madrid/Belgia)
5. Harry Kane (Tottenham Hotspur/Inggris)
6. Sadio Mane (Liverpool/Senegal)
7. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain/Prancis)
8. Lionel Messi (Barcelona/Argentina)
9. Mohamed Salah (Liverpool/Mesir)
10. Virgil van Dijk (Liverpool/Belanda) (jun/har)


BACA JUGA