Hasil F1 GP Hungaria: Hamilton Kalahkan Verstappen

CNN Indonesia | Minggu, 04/08/2019 22:41 WIB
Hasil F1 GP Hungaria: Hamilton Kalahkan Verstappen Lewis Hamilton baru bisa membalap Max Verstappen di akhir balapan GP Hungaria 2019. (REUTERS/Lisi Niesner)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lewis Hamilton meraih kemenangan kedelapan pada F1 musim ini setelah finis terdepan pada GP Hungaria 2019 yang berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Minggu (4/8) malam WIB.

Kemenangan Hamilton tidak terlepas dari strategi melakukan pergantian ban untuk membalap Max Verstappen, yang memimpin sejak awal lomba, pada lap-lap akhir.

Verstappen yang baru mencatat sejarah meraih pole position pertama dalam karier di F1, harus menerima kenyataan gagal mengamankan kemenangan ketiga pada musim balap tahun ini.


Hamilton melakukan pergantian ban pada pit stop kedua dan menggunakan ban medium untuk sisa balapan. Pergantian ban tersebut benar-benar membawa hasil menjelang lap-lap akhir.

Hasil GP Hongaria: Lewis Hamilton Juara Lewis Hamilton (kanan) mengungguli Max Verstappen pada balapan F1 GP Hungaria 2019. (REUTERS/Bernadett Szabo)
Pada lap ke-64 Verstappen mengeluhkan kondisi ban kepada tim. Hamilton dengan ban baru mengambil alih posisi terdepan pada lap ke-67. Verstappen yang sejak awal memimpin lomba tidak bisa berbuat banyak di lintasan lurus menghadapi mobil Hamilton.

"Saya merasa berterima kasih hari ini, bagi tim yang terus memberikan kepercayaan kepada saya dan untuk terus menerus menekan batasan dan mengambil risiko, kesempatan ada pada saya. Kami telah bersama selama tujuh tahun dan ini seperti kemenangan yang baru," ucap Hamilton dikutip dari Autosport.

Hasil GP Hongaria: Lewis Hamilton Juara
Verstappen yang sudah tertinggal jauh dari Hamilton memutuskan masuk pit untuk sekadar mengejar waktu terbaik.

Valtteri Bottas yang menempati posisi start kedua harus mengalami serangkaian masalah selama balapan dan harus puas finis di urutan kedelapan.

Dua pebalap Ferrari Sebastian Vettel dan Charles Leclerc yang sudah tertinggal jauh dari Verstappen dan Hamilton sejak lap kesepuluh mengamankan peringkat ketiga dan keempat pada balapan seri ke-12 di musim 2019.

Hasil 10 besar GP Hungaria 2019

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1 jam 35 menit 3,796 detik
2. Max Verstappen (Red Bull) +17,796
3. Sebastian Vettel (Ferrari) +1 menit 1,433 detik
4. Charles Leclerc (Ferrari) +1 menit 5,250 detik
5. Carlos Sainz Jr. (McLaren) +1 lap
6. Pierre Gasly (Red Bull) +1 lap
7. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) +1 lap
8. Valtteri Bottas (Mercedes) +1 lap
9. Lando Norris (McLaren) +1 lap
10. Alex Albon (Toro Rosso) +1 lap (nva/har)