Piala Indonesia: PSM Unggul 1-0 Atas Persija di Babak Pertama

CNN Indonesia | Selasa, 06/08/2019 16:22 WIB
PSM Makassar berhasil unggul atas Persija Jakarta di babak pertama final leg kedua Piala Indonesia 2019. PSM Makassar unggul 1-0 di babak pertama. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSM Makassar berhasil unggul 1-0 atas Persija Jakarta di babak pertama leg kedua final Piala Indonesia 2019.

PSM berhasil unggl cepat 1-0 saat pertandingan baru berjalan empat menit. Gol PSM dicetak oleh Aaron Michael Evans. Bek PSM itu mencetak gol lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan sepak pojok Willem Jan Pluim.

Pada menit ke-11, PSM kembali mengancam gawang Persija. Tendangan keras M. Rahmat berhasil ditepis oleh Andritany Ardhiyasa.


Dua menit berselang, Benny Wahyudi terlepas dari kawalan lini belakang Persija setelah melakukan umpan 1-2. Benny melepaskan tendangan dari jarak dekat tetapi kembali bisa dibendung oleh Andritany.

Pada menit ke-15, Bruno Matos coba melepaskan tendangan bebas jarak jauh. Tetapi tendangan Matos masih jauh di atas sasaran.
Pertarungan PSM vs Persija di babak pertama berlangsung keras. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Tiga menit berselang, sempat terjadi protes keras dari Willem Pluim yang merasa diinjak oleh Sandi Sute. PSM kemudian sudah melakukan pergantian pemain di menit ke-20 karena Guy Junior cedera. Zulham Zamrun pun masuk ke lapangan.

Setelah melewati menit ke-20, Persija mulai lebih sering memberikan tekanan ke lini pertahanan PSM. Di menit ke-23, Sandi Sute sukses mengirimkan umpan silang yang disundul Marko Simic, tetapi bola masih melenceng di sebelah kiri gawang. Empat menit kemudian, giliran tendangan Ismed Sofyan yang jauh dari sasaran.

Pada 30 menit awal, permainan keras disajikan oleh kedua tim. Ada empat kartu kuning yang ditarik keluar oleh wasit Fariq Hitba, yaitu untuk Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, M. Rahmat, dan Sandi Sute

Di menit ke-32, Persija mendapat bencana setelah Sandi Sute mendapat kartu kuning kedua. Sandi Sute melanggar Pluim dan membuat Persija harus bermain 10 orang.

Dengan keunggulan jumlah pemain, PSM berhasil mendominasi aliran bola dan memegang kendali pertandingan. Pada masa injury time, Ferdinand Sinaga mampu melakukan tusukan ke lini pertahanan Persija tetapi tembakan Ferdinand hanya menerpa sisi luar gawang.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk PSM.

Susunan Pemain

PSM Makassar

Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi, Abdul Rahman, Aaron Michael Evans, Asnawi Mangkualam; Arfan, Willem Jan Pluim, Rizky Pellu; Ferdinand Sinaga, Guy Junior, M. Rahmat

Persija Jakarta

Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanusa, Tony Sucipto; Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Bruno Matos, Novri Setiawan, Sandi Sute; Marko Simic (ptr/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK