Kalahkan Persija, PSM Juara Piala Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 06/08/2019 17:27 WIB
Kalahkan Persija, PSM Juara Piala Indonesia PSM Makassar berhasil jadi juara Piala Indonesia.( CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSM Makassar berhasil jadi juara Piala Indonesia setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 pada leg kedua final Piala Indonesia di Stadion Andi Mattalatta,  Selasa (6/8).

Kemenangan tersebut membuat PSM unggul agregat 2-1 secara keseluruhan setelah Persija menang 1-0 pada leg pertama final.

PSM mampu mencetak gol cepat di menit keempat lewat skema sepak pojok. Umpan sepak pojok yang dilepaskan oleh Willem Jan Pluim berhasil disundul oleh Aaron Evans.


Pertandingan di babak pertama berlangsung dalam tempo tinggi dan diiringi sejumlah permainan keras. Ada banyak kartu kuning yang keluar dari kantung wasit Fariq Hitba.

Persija sendiri sudah harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-32 usai Sandi Sute diusir keluar lapangan lantatan menerima dua kartu kuning. Kartu merah yang diterima oleh Sandi Sute membuat Persija terpaksa mengubah strategi dengan memasukkan Maman Abdurrahman menggantikan Bruno Matos.

Setelah unggul 1-0 di babak pertama, PSM terus menekan Persija sejak awal babak kedua. 'Juku Eja' akhirnya mampu menggandakan keunggulan di menit ke-50 lewat Zulham Zamrun.

Pemain bernomor punggung tujuh tersebut sukses menyundul bola hasil umpan lambung yang dilepaskan oleh Aaron Evans. Sundulan Zulham gagal ditepis dengan sempurna oleh Andritany.

Tertinggal dua gol, Persija berusaha keras untuk mengejar defisit gol. Mereka sejatinya hanya butuh satu gol untuk memutarbalikkan situasi, tetapi kekurangan satu pemain menjadi kendala besar Persija untuk mengimbangi permainan PSM.

Striker veteran, Bambang Pamungkas juga diturunkan untuk menambah daya gedor. Bepe sempat melepaskan ancaman ke gawang PSM tetapi hal itu tak berujung gol.

Di 15 menit terakhir, tempo pertandingan agak menurun karena PSM juga mulai berhati-hati terhadap serangan Macan Kemayoran.

Persija nyaris mencetak gol di menit ke-86. Bermula dari tendangan bebas Rezaldi Hehanusa, Marko Simic sukses menyundul bola ke gawang. Namun Rivki Mokodompit mampu membendung bola dengan baik.

Tak lama berselang, PSM punya kesempatan untuk mengunci kemenangan. Ferdinand Sinaga lepas dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Andritany.

Peluang emas tersebut gagal berujung gol karena tendangan Ferdinand melebar di sisi kiri gawang. Skor 2-0 bertahan hingga akhir dan PSM sukses menjadi juara Piala Indonesia.


Susunan Pemain

PSM Makassar

Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi, Abdul Rahman, Aaron Michael Evans, Asnawi Mangkualam; Arfan (Rasyid Bakrie 90), Willem Jan Pluim, Rizky Pellu; Ferdinand Sinaga, Guy Junior (Zulham Zamrun 20), M. Rahmat

Persija Jakarta

Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanusa, Tony Sucipto; Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Bruno Matos (Maman Abdurrahman), Novri Setiawan, Sandi Sute; Marko Simic (ptr/ptr)