Metamorfosis Khabib Jadi Petarung Hebat Diungkap Cormier

CNN Indonesia | Senin, 12/08/2019 18:12 WIB
Metamorfosis Khabib Jadi Petarung Hebat Diungkap Cormier Khabib pernah belajar MMA di Amerika Serikat saat masih muda. (Michael Reaves/Getty Images /AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara kelas berat UFC, Daniel Cormier, mengungkapkan metamorfosis petarung asal Rusia, Khabib Nurmagomedov, saat belajar seni bela diri campuran (MMA) di Amerika Serikat.

Cormier tahu betul saat pemuda Dagestan tersebut berlatih bela diri bertahun-tahun di Akademi Kickboxing Amerika (AKA) di San Jose, California. Di sana, Khabib berkesempatan berlatih bersama sejumlah nama tenar di olahraga itu.

Berlatih tarung dengan petarung seperti Cormier atau Cain Velasquez, memiliki kontribusi yang besar terhadap kesuksesan Khabib dalam dunia MMA. Hal ini terbukti dengan rekor 27 kemenangan tanpa kalah sejak Khabib terjun di dunia MMA profesional pada 2008.


"Dia [Khabib] adalah pekerja yang luar biasa. Dia datang ke sini [AS] saat masih anak-anak yang tidak tahu bahasa Inggris dan hanya menonton [orang berlatih]. Ketika Anda tidak bisa berkomunikasi, satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan [orang berlatih]," kata Cormier dikutip dari Fight Site.

"Dia [Khabib] memperhatikan dengan baik. Dia perhatian terhadap cara Cain [Velasquez] berlatih, cara saya berlatih, [Stephen] Thompson berlatih, dan memperhatikan [Jon] Fitch juga. Dia perhatian kepada semuanya dan mengadopsi apa yang telah ia pelajari," katanya menambahkan.

Khabib Nurmagomedov muda sangat antusias ketika belajar di Amerika Serikat. (Khabib Nurmagomedov muda sangat antusias ketika belajar di Amerika Serikat. (REUTERS/Noah K. Murray-USA TODAY Sports)
Dengan cara itu, Cormier merasa tidak aneh bila Khabib dapat belajar bela diri di manapun di dunia. Ia bahkan menyebut Khabib sebagai petarung yang bernilai di dunia MMA.

"Saya pikir keimanannya, dedikasi untuk keluarganya, dedikasi untuk tim dan diri sendiri, serta kemampuan dan kepercayaan diri dalam bergulat, menjadikan dia sebagai seorang pribadi yang lebih baik dari yang orang lain pikirkan. Saya pikir ia petarung yang hebat. Dan seluruh nilai yang ia anut mendorong dia untuk menjadi spesial serta memiliki daya tarik," ucap Cormier.

"Dia [Khabib] adalah seorang bintang terbesar yang pernah dimiliki AKA. Kualitas dia terbukti. Jika Anda menyaksikan ia berlatih, di manapun berada, dia selalu menjadi seorang pekerja yang luar biasa," ucapnya melanjutkan.

Khabib Pernah Berlatih di AS Saat Masih Muda
Setelah menumbangkan petarung Irlandia Conor McGregor dalam UFC 229 pada 6 Oktober 2018, Khabib bakal bertarung lawan Dustin Poirer dalam UFC 242 di Abu Dhabi pada 7 September 2019. (map/bac)