Bek Timnas Indonesia U-18 Sebut Laos Bermain Keras

CNN Indonesia | Senin, 12/08/2019 20:40 WIB
Bek Timnas Indonesia U-18 Sebut Laos Bermain Keras Timnas Indonesia U-18 mendapatkan perlawanan sengit dari Laos. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek Timnas Indonesia U-18, Alfeandra Dewangga Santosa, mengaku Laos berhasil menyulitkan tim Garuda Nusantara dalam laga yang berakhir 2-1 dalam lanjutan fase grup Piala AFF U-18 di Stadion Thong Nhat, Vietnam, Senin (12/8). Hal ini dikarenakan Laos tampil ngotot dan memeragakan permainan keras.

Di laga ini, Timnas Indonesia U-18 tertinggal lebih dulu akibat gol Alounnay Lounlasy. Namun, tim Garuda Nusantara berhasil membalikkan keadaan berkat gol Bagus Kahfi dan gol bunuh diri Anoulack Vannalth.

Selain terjadinya tiga gol, laga ini juga berjalan keras. Benturan antarpemain tidak terhindarkan sepanjang 90 menit dan beberapa pemain Laos juga bermain kasar untuk menghentikan pergerakan pemain Timnas Indonesia U-18.


Salah satu momen yang jadi sorotan saat Bagus Kahfi dilanggar oleh salah satu pemain Laos. Bagus berhasil mengecoh pemain Laos tetapi pergerakannya dihentikan dengan keras yang berujung kartu kuning dari saku wasit.

Bek Timnas Indonesia U-18 Sebut Laos Bermain KerasTimnas Indonesia U-18 lolos ke semifinal Piala AFF U-18. (Dok. PSSI)
"Pertandingan yang sulit, lawan bermain ngotot dan keras. Mereka juga disiplin dan bertahan dan menyerang," ujar Dewa sapaan akrabnya dilansir situs resmi PSSI.

"Kemasukan gol lebih dahulu tak membuat kami gentar. Kami berhasil melawan balik untuk selanjutnya memenangi pertandingan. Saya senang dengan hasil ini. Teman-teman bermain tanpa kenal lelah."

Di sisi lain, pelatih Timnas Indonesia U-18 Fakhri Husaini mengaku Dewa dkk dapat pelajaran berharga dari laga melawan Laos. Komentar itu mengacu respons timnya yang berhasil membalikkan keadaan meski tertinggal lebih dulu di laga ini.

"Syukur alhamdulillah pemain saya bisa merespons setelah kami kemasukan gol pertama tadi. Ini pengalaman bagi mereka saat menghadapi tim seperti Laos," kata Fakhri.

Bek Timnas Indonesia U-18 Sebut Laos Bermain Keras
"Mereka harus bisa bermain lebih disiplin dan tenang dalam menyerang.

Apa pun itu kemenangan ini sangat berarti bagi kami untuk mengamankan posisi kami di klasemen. Saya apresiasi kerja keras tim. Ini bukan pertandingan yang mudah," ia melanjutkan.

Timnas Indonesia U-18 memastikan lolos ke babak semifinal setelah kemenangan tipis atas Laos dengan mengoleksi 12 poin dari empat pertandingan. Jumlah poin itu tidak akan lagi bisa dikejar Laos maupun Timor Leste yang baru mengoleksi enam poin.

Sedangkan posisi kedua klasemen ditempati Myanmar yang saat ini sedang bertanding melawan Brunei Darussalam. Kemenangan atas Brunei juga akan membuat Myanmar lolos bersama Indonesia ke babak empat besar. (jal/bac)


BACA JUGA