Sejarah Mendukung Liverpool Menangi Piala Super Eropa

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 08:50 WIB
Sejarah Mendukung Liverpool Menangi Piala Super Eropa Liverpool akan menghadapi Chelsea di Piala Super Eropa. (REUTERS/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool bisa memenangi Piala Super Eropa 2019 dengan mengalahkan Chelsea dalam pertandingan di Vodafone Park, Rabu (14/8) waktu setempat atau Kamis (15/8) dini hari WIB.

Duel Piala Super Eropa ini merupakan pertemuan Chelsea sebagai juara Liga Europa musim lalu dengan Liverpool yang menjadi juara Liga Champions.

Berdasarkan fakta yang dimiliki Opta, Liverpool lebih berpeluang memenangi Piala Super Eropa 2019. Rekor di ajang ini menyebutkan, lima dari enam duel terakhir di Piala Super Eropa dimenangi juara Liga Champions.


Terakhir kali juara Liga Europa bisa meraih trofi Piala Super Eropa terjadi pada musim lalu, saat Atletico Madrid mengalahkan Real Madrid 4-2 lewat babak tambahan.

Selebihnya, dalam lima musim sebelumnya Piala Super Eropa menjadi milik juara Liga Champions. Bayern Munchen juara Piala Super Eropa 2013 setelah mengalahkan Chelsea 5-4 lewat drama adu penalti.

Sejak 2000 pemenang Piala Super Eropa didominasi juara Liga Champions. Sejak 2000 pemenang Piala Super Eropa didominasi juara Liga Champions. (Ned Alley/NTB Scanpix)
Di musim berikutnya (2014), giliran Madrid yang menumbangkan juara Liga Europa, Sevilla, 2-0 dalam Derbi Spanyol di Stadion Cardiff. Los Blancos menjadi pemenang berkat dua gol Cristiano Ronaldo.

Di Piala Super Eropa 2015, trofi jatuh ke tangan Barcelona sebagai juara Liga Champions 2014/2015. Piala Super Eropa kali ini masih dalam Derbi Spanyol karena Blaugrana melawan Sevilla. Tim asal Catalunya itu pun menang 5-4.

Liverpool Bisa Kalahkan Chelsea di Piala Super Eropa
Madrid kembali meraih Piala Super Eropa 2016 setelah mengalahkan Sevilla untuk kedua kalinya. Klub Ibu Kota Spanyol itu mempertahankan trofi tersebut saat menumbangkan Manchester United 2-1 pada 2017.

Piala Super Eropa yang mempertemukan juara Liga Champions dengan juara Liga Europa dimulai pada 2000 saat Galatasaray melawan Madrid. Dalam 19 edisi terakhir, juara Liga Champions selalu keluar sebagai pemenang. (sry/nva)