Alisson Cedera, Liverpool Gaet Kiper Tua Pengangguran

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 07:45 WIB
Alisson Cedera, Liverpool Gaet Kiper Tua Pengangguran Andy Lonergan kemungkinan besar bakal dibawa Liverpool ke laga Piala Super Eropa. (Action Images via Reuters/Ed Sykes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cedera Alisson Becker membuat Liverpool bekerja cepat menggaet kiper baru Andy Lonergan yang berstatus sebagai free agent alias tanpa klub.

Manajer Liverpool Juergen Klopp memastikan Alisson tidak akan tampil selama beberapa pekan lantaran cedera betis yang dialami pada laga pertama Liga Inggris ketika The Reds menang 4-1 atas Norwich City.

Tanpa Alisson, Liverpool akan mengandalkan Adrian di bawah mistar. Tetapi persoalan masih membayangi Klopp lantaran kiper ketiga Caoimhin Kelleher juga belum benar-benar siap tampil.


Untuk menyelesaikan masalah kiper, Liverpool lantas bergerak cepat mendatangkan Lonergan. Kiper berusia 35 tahun yang musim lalu bermain di Middlesbrough di divisi Championship tidak terikat kontrak lagi dengan klub manapun pada awal musim 2019/2020.

Alisson Cedera, Liverpool Gaet Kiper Tua dan 'Pengangguran'Andy Lonergan ikut dalam masa pramusim Liverpool. (Joseph Prezioso / AFP)
Klopp pun mengisyaratkan bakal langsung membawa Lonergan ke Istanbul menjalani laga Piala Super Eropa menghadapi Chelsea, Kamis (15/8) dini hari WIB.

"Saya pikir begitu. Saya belum berbicara dengan John [Achterberg, pelatih kiper] tentang itu, kami berbicara banyak soal situasi penjaga gawang terlepas dari apa yang kami lakukan [menjelang pertandingan Piala Super Eropa]," ucap Klopp dikutip dari situs resmi Liverpool.

Alisson Cedera, Liverpool Gaet Kiper Tua dan 'Pengangguran'
"Kami akan melihat tapi kami memiliki pemain cadangan yang cukup banyak dan itu bagus juga saya rasa Andy akan menjadi salah satu di antara mereka," sambung sosok yang sudah menangani Liverpool sejak 2015.

Lonergan merupakan mantan kiper timnas Inggris U-20 dan pernah pula menjadi penjaga gawang Republik Irlandia U-16.

Di level klub, Lonergan belum pernah tampil di Liga Primer Inggris. Lonergan memiliki pengalaman mengawal gawang klub-klub divisi Championship dan League One atau kelas kedua dan ketiga di level kompetisi sepak bola Inggris.

Pada masa pramusim 2019/2020, Lonergan sudah bergabung bersama Liverpool. Situs Liverpool pun mengatakan Lonergan akan menandatangani kontrak jangka pendek. (nva/ptr)