Statistik Dovizioso vs Marquez di Tikungan Terakhir MotoGP

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 08:17 WIB
Statistik Dovizioso vs Marquez di Tikungan Terakhir MotoGP Andrea Dovizioso lebih sering menang dalam duel sengit lawan Marc Marquez. (VLADIMIR SIMICEK / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso lebih sering keluar sebagai pemenang dalam duel sengit hingga akhir balapan lawan Marc Marquez.

Dovizioso berhasil jadi juara MotoGP Austria lewat duel sengit lawan Marquez yang berlangsung hingga tikungan terakhir.

Dovizioso yang kehilangan posisi pertama dua lap jelang finis kembali berhasil menyalip Marquez di tikungan terakhir. Dovizioso menyusul Marquez dengan tindakan penuh risiko.


Kemenangan di MotoGP Austria itu sendiri menjadi kemenangan kelima Dovizioso atas Marquez dalam enam duel sengit hingga tikungan terakhir yang terjadi seri MotoGP.

Andrea Dovizioso mengalahkan Marc Marquez dalam duel satu lawan satu.Andrea Dovizioso mengalahkan Marc Marquez dalam duel satu lawan satu.  (AP Photo/Kerstin Joensson)
Kemenangan perdana Dovizioso dalam duel tikungan terakhir terjadi pada MotoGP Austria 2017. Marquez saat itu menyusul dari sisi dalam namun kemudian terlalu melebar. Dovizioso memanfaatkan sisi dalam untuk menyusul Marquez. Dovizioso sempat mengacungkan tangan setelah menyusul Marquez.

Hal yang hampir sama terjadi di MotoGP Jepang 2017. Marquez coba menyusul Dovizioso di tikungan terakhir, tetapi Dovizioso kembali dengan tenang memanfaatkan sisi dalam dan momentum Marquez melebar untuk menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis.

Kemenangan ketiga Dovizioso terjadi di MotoGP Qatar 2018. Kedua pebalap bersaing ketat hingga memasuki lap terakhir. Marquez sempat menyusul Dovizioso namun Dovizioso langsung berhasil melakukan balasan dan menyentuh garis finis.

Catatan kemenangan perdana Marquez dalam duel ketat lawan Dovizioso ada di MotoGP Thailand 2018. Dovizioso yang coba menyusul Marquez agak keluar dari jalur dan hal ini memudahkan Marquez untuk mengambil alih posisi pertama.
Statistik Dovizioso vs Marquez di Tikungan Terakhir MotoGP

Setelah kalah di Thailand, Dovizioso kembali mencatatkan kemenangan dalam duel lawan Marquez di MotoGP Qatar 2019. Dovizioso berhasil menyusul Marquez dan kemudian mampu bertahan dalam duel di trek lurus hingga garis finis meskipun saat itu Marquez sudah nyaris mengejar Dovizioso.

Meski lebih sering kalah dalam duel sengit, Marquez punya penampilan jauh lebih konsisten. Alhasil, Marquez kini punya keunggulan 58 poin atas Dovizioso di MotoGP 2019. (ptr/nva)