Khabib Posisi Ketiga dalam Daftar Muslim Berpengaruh di Rusia

CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 08:02 WIB
Khabib Posisi Ketiga dalam Daftar Muslim Berpengaruh di Rusia Khabib Nurmagomedov belum terkalahkan dalam kariernya. (Harry How/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang UFC, Khabib Nurmagomedov ada di peringkat ketiga dalam daftar muslim paling berpengaruh di Rusia.

Khabib mengungguli Gubernur Tatarstan Rustam Minninhanov dan Pemimpin Cechnya, Ramzan Kadyrov.

Khabib, dikutip dari Bloody Elbow, hanya kalah dari Sheikh Ravil Gainutdin yang merupakan pemimpin Majelis Ulama dan Gubernur pertama Tatarstan, Mintimer Shaimiev.


Popularitas Khabib sendiri melonjak drastis usai kemenangan dalam laga lawan Conor McGregor. Dalam laga tersebut, Khabib menang lewat teknik kuncian leher.

Khabib Nurmagomedov masuk dalam daftar muslim berpengaruh di Rusia.Khabib Nurmagomedov masuk dalam daftar muslim berpengaruh di Rusia. (AFP PHOTO / Vasily MAXIMOV)
Laga tersebut mengangkat nama Khabib bukan hanya lantaran teknik bertarung Khabib yang sangat berkualitas, melainkan pula penegasan Khabib dan kebanggaan atas identitas Muslim yang melekat padanya.

Sepanjang persiapan pertarungan, McGregor selalu menyudutkan Khabib, mulai dari mengejek Khabib, keluarga, hingga agama. Hal itu yang kemudian jadi pemanas situasi pertarungan.

Duel Khabib vs McGregor sendiri akhirnya menjadi duel dengan pendapatan terbesar dalam sejarah UFC.

Khabib Posisi Ketiga dalam Daftar Muslim Berpengaruh di Rusia

Kontroversi duel ini berlanjut setelah Khabib yang telah dipastikan menang melompat dari pagar Oktagon untuk menyerang rekan-rekan McGregor. McGregor sendiri kemudian mendapat serangan dari rekan Khabib di dalam Oktagon.

Kedua petarung ini kemudian mendapat sanksi dari UFC. Setelah terbebas dari sanksi, Khabib yang belum terkalahkan ini sudah merencanakan laga berikutnya lawan Dustin Poirier, 7 September mendatang. Sementara itu McGregor belum mengambil sikap untuk rencana pertarungan berikut. (ptr/nva)