Piala AFF U-18: 5 Fakta Menarik Jelang Indonesia vs Myanmar

CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 12:22 WIB
Piala AFF U-18: 5 Fakta Menarik Jelang Indonesia vs Myanmar Timnas Indonesia U-18 akan menghadapi Myanmar di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-18 2019. (Foto: Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sedikitnya ada lima fakta menarik yang tersaji jelang duel Timnas Indonesia vs Myanmar pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh City, Vietnam, Rabu (14/8) sore WIB.

Saat ini Indonesia berhak memuncaki klasemen berkat keunggulan produktivitas gol dari Myanmar yang sama-sama mengemas 12 poin dari empat pertandingan.

Baik Indonesia dan Myanmar sudah memastikan satu tiket ke semifinal. Namun, duel ini bakal jadi penentu siapa yang berhak menyandang status sebagai juara grup.


Berikut fakta menarik jelang duel Indonesia vs Myanmar:

1. Timnas Indonesia U-18 jadi tim paling produktif dalam urusan mencetak gol di fase grup Piala AFF 2019. Sejauh ini skuat arahan Fakhri Husaini telah mengemas 19 gol diikuti Australia (12 gol) dan Timor Leste (12 gol).

Timnas Indonesia U-18 bersaing meraih status juara grup dengan Myanmar.Timnas Indonesia U-18 bersaing meraih status juara grup dengan Myanmar. (Dok. PSSI)
2. Indonesia dan Myanmar jadi tim yang berhasil menyapu bersih empat kemenangan secara beruntun di fase grup. Di tempat terpisah, tim favorit Grup B, Malaysia dan Australia, pernah menelan satu kekalahan.

3. Jumlah trofi Myanmar di Piala AFF U-18 (sebelumnya U-19) lebih banyak dari Indonesia. Myanmar sudah dua kali juara (2003 dan 2005) sedangkan Indonesia baru sekali juara, yakni pada 2013 di era Evan Dimas Darmono dkk.

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar
4. Penyerang Timnas Indonesia U-18, Bagus Kahfi, berada di peringkat kedua dalam daftar top skor sementara dengan koleksi lima gol. Sementara pemain Myanmar Moe Swe membuntuti di urutan ketiga dengan catatan tiga gol.

5. Timnas Indonesia U-18 mencatat kemenangan terbesar dengan skor 7-1 saat mengalahkan Filipina. Sementara kemenangan terbesar Myanmar tercipta usai mengalahkan Filipina 4-1. (jun/nva)