Hasil Piala AFF: Timnas Indonesia U-18 Juara Grup

Juprianto Alexander, CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 17:21 WIB
Hasil Piala AFF: Timnas Indonesia U-18 Juara Grup Timnas Indonesia U-18 lolos sebagai juara grup A Piala AFF U-18. (dok.pssi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-18 bermain imbang 1-1 melawan timnas Myanmar dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF U-18 di Stadion Thong Nhat, Rabu (14/8). Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-18 lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Tambahan satu poin membuat tim Garuda Nusantara mengoleksi 13 poin dari lima laga. Skuat asuhan Fakhri Husaini memiliki jumlah poin yang sama dengan Myanmar, tetapi lebih produktif soal urusan gol.

Timnas Indonesia U-18 surplus 16 gol sedangkan Myanmar memiliki selisih gol 10-2.


Di awal babak pertama, Timnas Indonesia U-18 langsung tampil menekan. Peluang pun datang dari Brylian Aldama, Fajar Fathu Rachman, dan Beckham Putra Nugraha namun tidak ada yang berujung gol.

Hasil Piala AFF: Timnas Indonesia U-18 Juara GrupTimnas Indonesia U-18 meraih hasil imbang pertamanya di laga terakhir penyisihan grup. (Dok. PSSI)
Sebaliknya Myanmar sulit keluar dari tekanan Timnas Indonesia U-18. Disiplinnya pertahanan Myanmar membuat tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Myanmar di luar dugaan malah bisa unggul lebih dulu. Umpan dari Pyae Phyo Aung disambut tendangan first time Hein Htet Aung pada menit ke-50 yang menggetarkan gawang Timnas Indonesia U-18.

Hasil Piala AFF: Timnas Indonesia U-18 Juara Grup
Tertinggal 0-1 membuat Timnas Indonesia U-18 makin berani keluar menyerang. Tekanan yang diberikan Fajar berujung pelanggaran yang dilakukan Myanmar sedikit di luar kotak penalti.

Tendangan bebas dieksekusi Rizki Ridho yang melepaskan tendangan keras tanpa bisa diantisipasi Pyae Phyo Thu dan membuat skor jadi 1-1 pada menit ke-68.

Tak lama berselang, pemain pengganti Saddam Gaffar hampir saja membawa Timnas Indonesia U-18 unggul untuk pertama kali di laga ini. Saddam berhasil lepas dari kawalan pemain belakang Myanmar tetapi sundulannya berada tipis di samping kiri gawang Myanmar.

Lima menit jelang laga usai, gawang Timnas Indonesia U-18 malah hampir kebobolan dari tendangan bebas. Eksekusi ciamik Aung Ko Oo menerpa tiang gawang yang dikawal Adi Satriyo. Setelah itu tidak ada lagi gol yang tercipta dan membuat skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Myanmar (3-4-3): Pyae Phyo Thu; Thet Hein Soe, Naung Naung Soe, Kaung Khant Kyaw; Pyae Phyo Aung, Moe Swe, Ye Min Kyaw, Khun Kyaw Zin Hein; La Min Htwe, Aw Bar Kha, Hein Htet Aung.

Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Adi Satriyo; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga Santosa, Salman Alfarid; Brylian Aldama, Rendy Juliansyah; Fajar Fathu Rachman, Bagus Kahfi, Khairul Imam Zakiri. (bac)