Legenda Tinju AS Dukung Mayweather Jr vs Pacquiao Jilid II

CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 06:11 WIB
Legenda Tinju AS Dukung Mayweather Jr vs Pacquiao Jilid II Sugar Ray Leonar dukung Mayweather vs Pacquiao jilid dua. (REUTERS/Steve Marcus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda tinju Amerika Serikat, Sugar Ray Leonard, mendukung pertarungan ulang antara Floyd Mayweather Jr vs Manny Pacquiao.

Pernyataan itu dilontarkan Leonard di Camarillo, California, beberapa waktu lalu. Ia menganggap pertarungan itu sebagai laga penting dalam dunia tinju.

"Itu akan menjadi sebuah pertarungan yang luar biasa. Saya sangat setuju [pertarungan ulang Mayweather vs Pacquiao]. Orang-orang akan menyaksikannya," kata peraih medali emas tinju Olimpiade Montreal pada 1976 tersebut, seperti yang dikutip dari TMZ.


Sebelumnya, Mayweather mengalahkan Pacquiao dengan kemenangan angka di MGM Grand Garden Arena pada 2 Mei 2015. Kurang lebih empat tahun berlalu, namun pertarungan ulang antara kedua petinju tersebut masih sebatas desas-desus belaka.

Legenda Tinju AS Dukung Mayweather Jr vs Pacquiao Jilid IIManny Pacquiao pernah dikalahkan Floyd Mayweather Jr. (REUTERS/Mark J. Rebilas)
Pacquiao yang kini berusia 40 tahun masih menampilkan nafsu bertinju. Kali terakhir naik ring, petinju berjuluk Pacman itu meraih kemenangan angka atas Keith Thurman yang berusia 10 tahun lebih muda.

Penampilan Pacquiao yang masih bertaji membuat rumor pertarungan melawan Mayweather kembali berembus sekaligus untuk membalas kekalahan angka empat tahun silam dari petinju AS tersebut.

Setelah menundukkan Thurman, Pacquiao menyatakan bakal kembali bertarung pada 2020. Belum diketahui lawan yang akan dihadapi oleh pria yang juga menjadi senator di Filipina tersebut.

Legenda Tinju AS Dukung Mayweather Jr vs Pacquiao Jilid II
Setidaknya ada beberapa petinju yang berminat menghadapi Pacquiao, seperti mantan juara kelas ringan super dan kelas welter WBA Marcos Maidana yang sudah tidak pernah bertarung sejak 2014. Selain itu ada pula mantan juara tinju kelas ringan dan welter Amir Khan.

Pacquiao juga disebut bakal meladeni pemenang dalam duel unifikasi gelar kelas welter antara Errol Spence Jr yang merupakan juara versi IBF dan Shawn Porter yang menjadi juara versi WBC.

Sementara itu, Mayweather yang sudah memutuskan pensiun masih sering 'menggoda' Pacquiao. Ia meladeni perang kata kubu Pacquiao namun belum terlibat dalam pembicaraan serius tentang rematch.

Selama berkarier dalam dunia tinju, Leonard pernah mengalahkan ayah Mayweather yakni Floyd Mayweather Sr dengan TKO dalam ronde terakhir di Civic Center pada 9 September 1978. (map/jun)