Anggaran Formula E di DKI Jakarta Rp360 Miliar

CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 18:33 WIB
Anggaran Formula E di DKI Jakarta Rp360 Miliar DKI Jakarta dijadwalkan menjadi salah satu tuan rumah Formula E 2020. (REUTERS/Javier Galeano)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan dana Rp360 miliar untuk perhelatan Formula E 2020 di APBD Perubahan DKI 2019.

"Ini [Rp360 miliar] bagian untuk penyelenggaraannya saja," kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Rabu (14/8).

Anggaran ini belum termasuk persiapan DKI untuk menyelenggarakan Formula E di Jakarta. Masih ada dana yang diperlukan untuk mempersiapkan Jakarta jelang perhelatan Formula E musim 2020.


"Nanti itu dengan persiapan dan lain-lain. Ketika kami sudah pasti ini, maka kami akan menyusun untuk persiapan pelaksanaannya," ujar Anies.

Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp360 miliar untuk Formula E.Pemprov DKI Jakarta menganggarkan Rp360 miliar untuk Formula E. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan DPRD DKI mendukung Anies dalam perhelatan balap mobil listrik ini. Dalam rapat kemarin, Selasa (13/8), DPRD DKI menyetujui anggaran sebesar Rp360 miliar.

Mulanya DKI menganggarkan Rp340 miliar. Namun anggaran naik untuk menjaga jika kurs poundsterling fluktuatif.

Anggaran Formula E di DKI Jakarta Rp360 Miliar
"Itu malah lebih. Itu baru DP saja. Angka pondsterling itu hari kemarin diajukan, mungkin sekarang sudah berubah. Karena kenaikan kurs itu kan beda-beda," ucap Prasetio.

Diketahui untuk fee penyelenggaraan Formula E, DKI harus merogoh kocek sebesar USD24,1 juta. Dari angka ini Anies optimistis DKI bisa menggerakkan perekonomian sebesar Rp1,2 triliun.

Hingga kini pihak Federasi Otomotif Internasional (FIA) belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait perhelatan Formula E musim 2020 di Jakarta. (ctr/har)