6 Fakta Menarik Usai Liverpool Juara Piala Super Eropa

CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 06:44 WIB
6 Fakta Menarik Usai Liverpool Juara Piala Super Eropa Liverpool menjadi juara Piala Super Eropa 2019. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool mengalahkan Chelsea melalui adu penalti dalam laga Piala Super Eropa 2019 di Stadion Besiktas Park, Kamis (15/8) dini hari WIB. Berikut fakta-fakta usai Liverpool menjadi juara Piala Super Eropa.

Liverpool dan Chelsea bermain imbang selama waktu normal hingga babak tambahan. Chelsea mencetak gol lebih dulu berkat sepakan Olivier Giroud pada menit ke-36.
The Reds kemudian membalas melalui Sadio Mane pada menit ke-48. Pemain asal Senegal itu juga membawa kubu Merseyside Merah memimpin 2-1 ketika babak tambahan berjalan lima menit. Keunggulan The Reds sirna setelah Jorginho mampu mengeksekusi penalti pada menit ke-101.

Sang juara Liga Champions itu kemudian berhasil memastikan gelar Piala Super Eropa setelah menang 5-4 pada babak adu penalti. Tidak ada satu pun pemain Liverpool yang gagal menjadi eksekutor, sementara Tammy Abraham yang menjadi algojo terakhir The Blues tak mampu membobol gawang Adrian.

6 Fakta Menarik Usai Liverpool Juara Piala Super EropaSadio Mane mencetak dua gol pada laga Piala Super Eropa 2019. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Berikut fakta-fakta usai Liverpool juara Piala Super Eropa:


1. Liverpool menjadi pemenang dalam laga Piala Super Eropa pertama yang menampilkan wakil sesama wakil Inggris

2. Liverpool sudah meraih empat gelar Piala Super Eropa, yakni pada 1977, 2001, 2005, dan 2019. Capaian tersebut hanya kalah dari AC Milan dan Barcelona yang sama-sama mengoleksi lima gelar.

6 Fakta Menarik Usai Liverpool Juara Piala Super Eropa
3. Mane merupakan pemain Afrika pertama yang berhasil mencetak gol di Piala Super Eropa setelah Frederic Kanoute pada 2006.

4. Mane telah mengoleksi 19 gol untuk Liverpool selama tahun 2019 di berbagai kompetisi. Satu-satunya pemain Liga Primer Inggris yang mampu melewati jumlah gol Mane adalah Sergio Aguero dengan 20 gol.

5. Bersama Chelsea, Giroud terbukti lebih tajam di pentas Eropa ketimbang kompetisi domestik. Penyerang asal Perancis itu telah mencetak tujuh gol dari 49 laga di Liga Primer Inggris dan Piala FA, sedangkan di seluruh kompetisi Eropa sudah mencetak 12 gol dari 16 pertandingan.

6. Chelsea adalah klub yang paling sering menjadi runner up Piala Super Eropa setelah Barcelona dan Sevilla. The Blues tiga kali gagal juara, sementara Barcelona dan Sevilla empat kali. (nva/nva)