Persiapan SEA Games, Perbakin Gelar Tiga Kejuaraan

CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 14:42 WIB
Persiapan SEA Games, Perbakin Gelar Tiga Kejuaraan Ilustrasi cabang menembak. (REUTERS/Eddie Safarik)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga kejuaraan internasional digelar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) sepanjang Agustus 2019 sebagai salah satu persiapan menuju SEA Games 2019.

Ketiga kejuaraan itu adalah South East Asia Youth Training Camp Air Rifle (15-22 Agustus), 1st Indonesia Shooting Championship Open Tournamen, dan 43 South East Asia Shooting Championship/SEASA (18-27 Agustus). Ketiganya akan digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta.

Sebanyak 11 negara Asia Tenggara akan terlibat di kejuaraan SEASA, yakni Singapura, Hong Kong, Macau, Malaysia, Vietnam, Thailand, Timor Leste, Filipina, Myanmar, Indonesia, dan Taiwan. Sementara Indonesia Open akan diikuti sepuluh negara, yakni Australia, Kazakhstan, Sri Lanka, Korea, Nepal, Jepang, China, Tajikistan, Banglades dan Kuwait.


"Jadi kami mengadakan tiga kegiatan penting dalam Agustus ini. Ketiga ajang ini saling mendukung, dan kami bertekad akan membuat banyak kejuaraan agar setiap bulan bisa terus bertanding dan tidak hanya berlatih saja," ujar Ketua Harian PB Perbakin, Siswanto.

Terkait ajang South East Asia Youth Training Camp Air Rifle, Siswanto mengatakan ajang tersebut akan diikuti negara dari Asia Tenggara.

Persiapan SEA Games, Perbakin Gelar Tiga Kejuaraan
"Youth ini merupakan satu kalender kegiatan yang dilakukan oleh ASC (Konfederasi Menembak Asia), itu setiap tahunnya berubah. Tahun lalu di Kuwait nomor pistol yang dipertandingkan, sekarang nomor air rifle. Kita diberikan kesempatan untuk mengadakan Youth di Indonesia dan diikuti negara Asia Tenggara," ucap Siswanto.

Semua cabang menembak yang dilombakan dalam SEA Games akan dimainkan dalam kejuaraan internasional yang digelar Perbakin.

"Kami sudah mendapatkan pelatih asing terbaik, satu untuk nomor pistol dari Bulgaria dan air rifle dari Iran. Semua ini yang puncaknya untuk SEA Games. Sekali pun untuk SEA Games ini kami hanya punya waktu enam bulan, dan harap ada perbaikan dengan pelatih asing. Kami harap untuk tahun depan, pelatih bisa bagus dan ada kemajuan, maka akan kami kontrak," ujar Siswanto.

Pada SEA Games 2017, Indonesia hanya mampu meraih satu medali emas dari cabang menembak lewat Muhammad Naufal Mahardika nomor 10 meter air rifle. SEA Games 2019 akan digelar di Filipina, 30 November hingga 11 Desember 2019. (har/bac)