Menanti Aksi Pemain Baru Liga Spanyol

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 19:57 WIB
Menanti Aksi Pemain Baru Liga Spanyol Joao Felix (kanan) menyandang status pemain termahal kelima di dunia. (Photo by Johannes EISELE / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pemain baru siap memberikan kejutan dalam gelaran Liga Spanyol musim 2019/2020 yang dimulai pada Jumat (16/8) waktu setempat atau Sabtu (17/8) dini hari WIB.

Tahun ini adalah edisi ke-89 dari kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Spanyol. Total ada 20 tim yang berpartisipasi dalam kompetisi ini. Barcelona adalah klub yang berhasil mempertahankan gelar juara La Liga secara beturut-turut sejak musim 2017/2018.

Pemain-pemain pendatang baru seperti Frenkie de Jong, Joao Felix, Eden Hazar, dan Luka Jovic, siap unjuk gigi dalam kompetisi tersebut.


1. Frenkie de Jong

Pada 23 Januari 2019, Barcelona mengumumkan penandatanganan kontrak dari pemain berusia 22 tahun ini selama lima tahun. De Jong pindah dari Ajax dengan nilai yang dikabarkan mencapai 75 juta euro atau kurang lebih Rp1,2 miliar. Kontrak tersebut efektif berjalan pada 1 Juli 2019.

De Jong menjadi salah satu kekuatan Ajax Amsterdam di musim lalu. Kepiawaiannya menjaga keseimbangan serangan dan bertahan membuat Ajax menjuarai Eredivisie serta mencapai semifinal Liga Champions.

Kedatangan De Jong diprediksi bakal menambah kekuatan lini tengah Barcelona. Visi bermain, kemampuan penguasaan bola baik menggiring, umpan, dan menekan lawan adalah kelebihan yang bisa jadi bakal memudahkan pemain-pemain depan Blaugrana.

Menanti Aksi Pemain Baru Liga SpanyolFrenkie de Jong mendapat sorotan ketika membawa Ajax melaju ke babak semifinal Liga Champions. (GABRIEL BOUYS / AFP)
2. Luka Jovic

Real Madrid secara resmi mengumumkan perekrutan Luka Jovic dari Eintracht Frankfurt pada Selasa (4/6) waktu setempat. Madrid dikabarkan merogoh kocek €60 juta atau setara Rp962 miliar untuk Jovic.

Tiga puluh persen dari nilai transfer itu akan dibayarkan Madrid ke Benfica, klub Jovic sebelum bergabung dengan Eintracht. Jovic didatangkan Madrid setelah tampil mengesankan bersama Eintracht musim lalu dengan catatan 27 gol dari 48 laga di semua ajang.

Nama pemain Serbia itu memang mulai mendapat perhatian pada musim lalu berkat ketajaman yang bisa saja membuatnya menjadi ujung tombak Los Blancos.

Menanti Aksi Pemain Baru Liga Spanyol
3. Eden Hazard

Pemain sayap Chelsea ini adalah salah satu pemain top yang sudah lama diincar Real Madrid. Usai melewati musim yang suram, Madrid mengumumkan Eden Hazard resmi menjadi bagian mereka pada bursa transfer tengah tahun ini.

Bersama The Blues, Hazard telah memenangkan dua gelar Liga Premier, dua mahkota Liga Eropa, satu Piala FA, dan satu Piala Liga.

Menanti Aksi Pemain Baru Liga SpanyolEden Hazard menjadi pemain termahal yang didatangkan Real Madrid pada awal musim 2019/2020. (REUTERS/Sergio Perez)
Menjadi pemain anyar dengan status bintang, Hazard bakal langsung dibebani tanggung jawab untuk mengangkat performa El Real melalui peran sebagai gelandang sayap atau gelandang serang.

4. Joao Felix

Baru berusia 19 tahun, Joao Felix sudah menjadi pemain termahal kelima setelah Neymar, Kylian Mbappe, Philippe Coutinho, dan Ousmane Dembele. Atletico Madrid harus mengeluarkan dana senilai 130 juta euro atau berkisar Rp2 miliar untuk membeli pemain timnas Portugal itu dari Benfica.

Satu musim di tim utama Benfica, cukup meyakinkan Atletico untuk merekrut Felix. Pemain depan serba bisa itu mencetak 20 gol dari 43 pertandingan selama musim 2018/2019.

Felix pun digadang-gadang menjadi penerus penyerang-penyerang moncer Los Colchoneros seperti Fernando Torres, Sergio Aguero, Diego Costa, dan Antoine Griezmann.

5. Nabil Fekir

Kepindahan Nabil Fekir ke Real Betis terbilang aneh karena nama Betis tidak pernah masuk radar sebagai klub peminat Fekir. Kendati begitu, ia diharapkan dapat mendongkrak performa Los Verdiblancos yang musim lalu selesai di peringkat ke-10 dalam klasemen.

Betis berharap Fekir bisa menciptakan peluang dan menyelesaikan peluang seperti yang telah dilakukan selama ini di Olympique Lyon. (map/sry)