5 Calon Top Skor Liga Spanyol

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 16:00 WIB
5 Calon Top Skor Liga Spanyol Antoine Griezmann bisa menjadi penjegal Messi dalam persaingan topskor. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu yang dinanti dari musim kompetisi baru di Liga Spanyol adalah penakluk Lionel Messi dalam perebutan gelar top skor. Paling tidak ada lima pemain yang bisa menjadi rival Messi pada musim 2019/2020.

Dalam sepuluh tahun terakhir, Messi sudah enam kali membuktikan diri sebagai pemain paling sering mencetak gol di Liga Spanyol. Hanya Cristiano Ronaldo, dalam tiga musim, dan Luis Suarez yang melewati capaian Messi.

Musim ini, dua dari lima pesaing Messi diprediksi bakal berasal dari Barcelona yakni Luis Suarez dan Antoine Griezmann. Selain itu terdapat nama-nama lain seperti Karim Benzema atau Joao Felix yang diperkirakan bakal unjuk kesuburan.


Musim lalu Messi menyabet gelar top skor dengan total 36 gol. Berikut enam pemain yang berkesempatan mendapat gelar top skor Liga Spanyol musim ini:

1. Lionel Messi

Lionel Messi masih menjadi kandidat utama top skor Liga Spanyol.Lionel Messi masih menjadi kandidat utama top skor Liga Spanyol. (Josep LAGO / AFP)
Sebagai pemegang gelar sepatu emas La Liga musim lalu, Messi tentu berambisi untuk mempertahankan kembali musim ini. Jika kembali meraih gelar pencetak gol terbanyak, maka La Pulga bakal menjadi pemain yang paling sering memuncaki daftar top skor.

Messi menjadi pemain paling produktif pada musim 2009/2010, 2011/2012, 2012/2013, 2016/2017, 2017/2018, dan 2018/2019. Pada musim 2011/2012, Messi bahkan mampu mencetak 50 gol dalam satu musim.

5 Calon Top Skor Liga Spanyol
Peraih lim kali Ballon d'Or tersebut masih menjadi kandidat favorit sebagai pencetak gol terbanyak musim ini.

2. Luis Suarez

Luis Suarez bisa menjadi ancaman Lionel Messi.Luis Suarez bisa menjadi ancaman Lionel Messi. (REUTERS/Sergio Perez)
Kali terakhir Suarez menjadi top skor Liga Spanyol pada musim 2015/2016. Saat itu, penyerang asal Uruguay tersebut mencetak 40 gol dari 35 pertandingan.

Itu adalah satu-satunya gelar sepatu emas Suarez di La Liga. Setelah itu, gelar tersebut direbut Messi dan dipertahankan hingga musim lalu.

Suarez mesti berusaha keras untuk kembali mencetak banyak gol musim ini. Pasalnya, musim lalu dia hanya mencatat 21 gol dari 33 pertandingan di Liga Spanyol.

3. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann bersaing dengan Lionel Messi dan Luis Suarez.Antoine Griezmann bersaing dengan Lionel Messi dan Luis Suarez. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Ketangguhan Griezmann di lini serang Barcelona semakin membuka peluang bagi pemain 28 tahun tersebut untuk merebut gelar top skor Liga Spanyol musim ini.

Griezmann bisa menjamin Barca untuk mencetak banyak gol. Ia juga bisa diandalkan dalam hal kreativitas dan inteligensi bermain.

Saat membela Atletico Madrid musim lalu, Griezmann mencatat 15 gol dari 37 laga di La Liga. Kemampuan Griezmann menuntaskan peluang bisa saja mengurangi jumlah gol Messi atau Suarez.

4. Karim Benzema

Karim Benzema andalan Real Madrid mencetak gol.Karim Benzema andalan Real Madrid mencetak gol. (REUTERS/Leonhard Foeger)
Striker yang sudah bermain di Liga Spanyol sejak 2009 itu belum pernah sekalipun merasakan penghargaan sepatu emas di Liga Spanyol.

Meski kerap digambarkan sebagai pemain yang sangat berbakat dan kuat, serta dianggap sebagai salah satu pesepakbola yang tangguh terutama dalam kotak penalti, inkonsistensi penampilan menjadi salah satu kendala Benzema dalam menunaikan tugas sebagai ujung tombak El Real.

5. Joao Felix

Joao Felix menjadi pengganti Antoine Griezmann di Atletico Madrid.Joao Felix menjadi pengganti Antoine Griezmann di Atletico Madrid. (Johannes EISELE / AFP)
Darah muda pemain Portugal ini bisa menjadi ancaman Messi dan pemain-pemain lain yang mengincar gelar top skor Liga Spanyol. Kemampuan Atletico Madrid dan Diego Simeone membentuk pemain depan yang tajam bisa saja mendongkrak skill pemain 19 tahun itu dalam mencetak gol. (map/har)