PSM Unggul 2-0 atas Persib di Babak Pertama

CNN Indonesia | Minggu, 18/08/2019 19:21 WIB
PSM Unggul 2-0 atas Persib di Babak Pertama Zulham Zamrun mencetak gol ke gawang mantan klub ketika PSM menghadapi Persib. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSM Makassar unggul 2-0 atas Persib Bandung pada babak pertama pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (18/8) malam.

Tuan rumah mengawali laga dengan tampil agresif. Pada menit ketiga tendangan bebas Wiljan Pluim menjadi peluang pertama bagi PSM. Bola membentur tiang gawang juga tangan I Made Wirawan yang berupaya menepis bola.
PSM berupaya mendominasi penguasaan bola agar leluasa mengatur serangan. Upaya Pasukan Ramang berhasil. Persib kesulitan dan lebih banyak bergerak tanpa bola hingga 10 menit awal pertandingan.

Beberapa kali pemain Persib mencoba menggunakan fisik untuk mengadang pergerakan PSM.

Peluang berikutnya bagi PSM kembali didapat dari skema bola mati pada menit ke-13. Umpan Pluim menemui kepala Marc Klok, namun bola yang disundul Klok mengarah ke arah Made.
PSM Unggul 2-0 atas Persib di Babak PertamaEzechiel N'Douassel gagal mencetak gol ke gawang PSM pada babak pertama. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Semenit berselang giliran Persib memanfaatkan serangan balik yang diawali pergerakan Ardi Idrus. Bola yang ditendang Ezechiel N'Douassel ke sisi kiri bawah gawang masih dapat diantisipasi Rivky Mokodompit.

Maung Bandung yang tidak leluasa mendapat bola, kembali memanfaatkan serangan balik untuk memberi ancaman. Pada menit ke-27 Febri Hariyadi berhasil mengejar bola daerah, tetapi winger Persib itu gagal menuntaskan peluang.
Masih mengendalikan permainan, PSM gagal menciptakan kans yang membahayakan gawang tim tamu. Persib bermain cukup disiplin di setiap lini dalam membatasi pergerakan skuat Juku Eja.


PSM Unggul 2-0 atas Persib di Babak Pertama
Pada menit ke-38 Persib mendapat peluang melalui tendangan bebas. Eksekusi Supardi Nasir dari sisi kanan pertahanan PSM langsung mengarah ke gawang dan ditepis Rivky.

PSM membukukan gol pada menit ke-43. Pluim melepas tembakan dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke pojok kanan bawah tak dapat dijangkau Made.
Satu menit kemudian Zulham Zamrun mencetak gol ke gawang Persib. Mendapat umpan dari sisi kiri, Zulham berhasil mengontrol bola dengan dada dan kemudian melepaskan bola ke sisi kanan gawang. Lagi-lagi Made tak bisa menjangkau bola.

Menjelang laga babak pertama usai, kaki Bojan Malisic mengenai kepala Made. Malisic berupaya menghalau bola dengan tendangan salto mengenai Made yang keluar kotak penalti berkehendak menghalau bola dengan kepala.

Skor 2-0 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda turun minum.

Susunan pemain inti PSM Makassar:
Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi, Aaron Evans, Abd Rahman, Hasim Kipuw; Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim; Zulham Zamrun, Ferdinan Sinaga, M Rahmat.

Susunan pemain inti Persib Bandung:
I Made Wirawan; Supardi Nasir, Ahmad Jufriyanto, Bojan Malisic, Ardi Idrus; Abdul Aziz, Esteban Vizcarra, Hariono; Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel, Ghozali Siregar.

(nva/nva)