Indonesia Unggul 5-0 atas Myanmar di Babak Pertama Piala AFF

CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 17:22 WIB
Indonesia Unggul 5-0 atas Myanmar di Babak Pertama Piala AFF Timnas Indonesia U-18 unggul 5-0 atas Myanmar. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-18 unggul telak 5-0 atas Myanmar di perebutan tempat ketiga Piala AFF U-18 2019 di Stadion Stadion Thong Nhat, Senin (19/8).

Kedua tim bermain dengan hati-hati di awal-awal pertandingan sekaligus membaca permainan masing-masing lawan.

Tendangan Fajar Fathur Rachman dari luar kotak penalti setelah mengecoh beberapa pemain belakang lawan masih bisa ditangkap kiper Nay Lin Htet.


Baik Timnas Indonesia dan Myanmar saling berbalas melancarkan tekanan. Tetapi belum ada peluang terbaik yang tercipta dari kedua tim.

Myanmar lebih banyak mengandalkan sisi sayap kanan, Khun Kyaw Zin Hein, dalam membongkar pertahanan Garuda Nusantara. Rapatnya pertahanan Timnas Indonesia membuat serangan Myanmar kerap mentah.

Timnas Indonesia memiliki variasi serangan yang lebih baik, karena selain dari sayap tim asuhan Fakhri Husaini juga bisa menyerang lawan dari sektor tengah.

Indonesia Unggul 5-0 atas Myanmar di Babak Pertama Piala AFFSupriadi mencetak hattrick di babak pertama. (AFC/Adam Aidil Padali)
Pada menit ke-23 Timnas Indonesia mendapatkan kesempatan bagus untuk mencetak gol. Namun tendangan Supriadi usai mendapat umpan silang dari kanan tepat ke arah tengah dan bisa ditepis kiper Myanmar.

Beckham Putra memecah kebuntuan lewat golnya pada menit ke-37 yang membawa Timnas Indonesia U-18 unggul 1-0.

Gol Beckham lahir dari umpan tarik Fajar Fathur Rachman. Usai menerima operan dari Fajar, Beckham mengecoh satu bek Myanmar sebelum membobol gawang lawan.

Indonesia Unggul 5-0 atas Myanmar di Babak Pertama Piala AFF
Dua menit berselang M Supriadi menambah keunggulan Timnas Indonesia menjadi 2-0. Usai mendapat umpan pendek Sutan Zico, Supriadi menggiring bola lalu mengecoh bek serta kiper Myanmar sebelum mencetak gol di menit ke-39.

Supriadi mencetak gol keduanya sekaligus memperlebar keunggulan Timnas Indonesia menjadi 3-0. Mendapat operan dari Bagas Kaffa, Supriadi melob bola melewati kiper Nay Lin Htet yang tidak berkutik.

Tidak ingin kalah dengan Supriadi, Beckham mencetak gol keduanya di laga ini di menit-menit akhir, tepatnya di menit ke-45. Mendapat umpan silang mendatar dari Sutan Zico, tanpa kontrol Beckham melepaskan tembakan kaki kanan yang tidak bisa dijangkau kiper lawan.

Supriadi hattrick di menit injury time. Proses gol Supriadi ini berawal dari serangan balik. Supriadi mencetak gol usai mendapat umpan dari sisi kanan. Indonesia unggul telak 5-0 atas Myanmar di babak pertama.

Susunan pemain:

Timnas Indonesia: M Adisatryo; Bagas Kaffa, Yudha Febrian, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho; Theo Fillo, David Maulana, Fajar Fathur Rachman; Beckham Putra, Sutan Zico, M Supriadi.

Myanmar: Nay Lin Htet; Si Thu Moe Khant, Thet Hein Soe, Nyan Lin Htet, Kaung Khant Kyaw; Yan Kyaw Soe, Moe Swe, Khun Kyaw Zin Hein; La Min Ktwe, Saw Kyaw Ae, Hein Htet Aung. (sry/ptr)