Kecepatan Lari Bolt Dibandingkan dengan Citah

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 13:14 WIB
Kecepatan Lari Bolt Dibandingkan dengan Citah Catatan waktu Usain Bolt dibandingkan dengan citah dan kuda. (AFP PHOTO / ANTONIN THUILLIER)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kecepatan lari atlet asal Jamaika, Usain Bolt, tak lagi hanya dibandingkan dengan manusia, tapi juga hewan seperti citah dan kuda.

Sebagai manusia tercepat di bumi, Bolt layak satu-satunya orang yang pantas untuk dibandingkan dengan kecepatan lari sejumlah hewan.

Dalam jarak 100 meter, Bolt mencatat waktu tercepat 9,58 detik. Catatan waktu yang Bolt cetak dalam Kejuaraan Dunia di Berlin, Jerman, pada 16 Agustus 2009. Rekor itu juga yang menjadikan Bolt sebagai pelari tercepat di dunia sepanjang masa.


Tak hanya di jarak 100 meter, Bolt juga manusia tercepat dalam hal berlari dengan jarak 200 meter. Catatan waktu terbaik dia adalah 19,19 detik yang ia raih juga dalam Kejuaraan Dunia di Berlin pada 20 Agustus 2009.

Dilansir dari Live Science, prestasi emas Bolt di trek lari masih kalah jauh dibandingkan catatan waktu citah yang hanya 5,8 detik untuk jarak 100 meter.

Catatan lari Usain Bolt masih kalah dibandingkan dengan citah.Catatan lari Usain Bolt masih kalah dibandingkan dengan citah. (AFP PHOTO / ATTA KENARE)
Selain cheetah, Bolt juga tidak lebih cepat dari seekor kuda pacu Black Caviar. Black Caviar adalah kuda betina asal Australia yang mencatat rekor 25 kali menang tanpa sekalipun kalah dalam beragam ajang kuda pacu internasional.

Bolt mencatat 19,19 detik dalam jarak 200 meter, sedangkan Black Caviar mencatat 9,98 detik dengan jarak yang sama. Sementara seekor citah, mampu mencetak 6,9 detik dalam 200 meter.

Emeritus profesor Ilmu Olahraga dari Brunel University London, Craig Sharp, menyebut manusia bisa berlari maksimal 37,6 kilometer per jam. Sedangkan seekor citah bisa mencapai 104 kilometer per jam atau dua kali dari kecepatan dua sprinter top dunia.

Sudah sepuluh tahun berlalu dan rekor Bolt masih bertahan hingga sekarang. Selain meraih delapan medali emas Olimpiade, Bolt juga sukses menyabet 11 medali emas dari Kejuaraan Dunia Atletik sejak 2007.

Bolt pensiun dari dunia atletik usai Kejuaraan Dunia di London pada 2017. Ketika itu, ia hanya mampu meraih medali perunggu dengan catatan waktu 9,95 detik di nomor 100 meter. (map)