Ronaldo Sindir Perjudian Klub Beli Pemain Mahal

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 08:34 WIB
Ronaldo Sindir Perjudian Klub Beli Pemain Mahal Ronaldo sindir perjudian sejumlah klub raksasa beli pemain mahal. (REUTERS/Juan Medina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang Juventus Cristiano Ronaldo menyindir perjudian sejumlah klub raksasa membeli para pemain dengan harga setinggi langit.

Mantan penyerang Real Madrid itu mempertanyakan harga pemain yang sangat gila belakangan ini dibandingkan dengan kualitasnya yang belum tentu sepadan.

"Sangat sulit membuat kalkulasi di era sepak bola modern. [Klub-klub] terlalu besar berjudi terhadap pemain potensial dan industri sepak bola [saat ini] amat berbeda," ujar Ronaldo kepada TV1 Portugis dikutip dari Marca.


Ronaldo sendiri pernah mencetak rekor pemain termahal pada 2009 dengan nilai transfer sebesar 94 juta euro dari Manchester United ke Madrid. Ronaldo kemudian merapat ke Juventus pada 2018 dengan nilai transfer 100 juta euro.

Ronaldo pindah dari Madrid ke Juventus dengan harga 100 juta euro. (Ronaldo pindah dari Madrid ke Juventus dengan harga 100 juta euro. (Foto: REUTERS/Rafael Marchante)
Nilai transfer Ronaldo ke Si Nyonya Tua itu pun tak lagi spesial. Pasalnya, banyak pemain yang dibeli klub dengan harga lebih dari 100 juta euro.

Rekor tertinggi masih dipegang Neymar yang dibeli Paris Saint-Germain dari Barcelona dengan harga fantastis yakni 222 juta euro atau setara Rp3,5 triliun.
[Gambas:Video CNN]
Sejumlah pemain muda bahkan ditaksir dengan harga setinggi langit. Padahal, Ronaldo menilai kualitasnya belum terbukti sepadan dengan harga tersebut di lapangan.

"Ambil contoh Joao Felix, setiap pemain bisa pindah klub dengan harga 100 juta euro bahkan tanpa membuktikan apapun. Terlalu banyak uang [yang beredar] di sepak bola," ujar Ronaldo.

Status pemain dengan harga fantastis saat ini bahkan bukan saja menjadi milik para pemain yang biasa berperan sebagai penyerang atau gelandang.

Ronaldo Sindir Perjudian Klub Beli Pemain Mahal
"Bek tengah atau kiper bahkan bisa pindah klub dengan harga 70 hingga 80 juta euro. Saya tidak setuju [dengan hal itu], tapi ini kenyataan hidup yang harus kita hadapi. Anda harus menghormatinya," terang Ronaldo. (bac/bac)