Lawan Iran Jadi Ujian Pertahanan Timnas Indonesia U-18

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 20:11 WIB
Lawan Iran Jadi Ujian Pertahanan Timnas Indonesia U-18 Timnas Indonesia U-18 akan menjalani laga uji tanding sebelum berlaga di kualifikasi Piala Asia U-19 2020. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laga uji coba lawan Iran bakal menjadi ujian bagi lini pertahanan Timnas Indonesia U-18 jelang Kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Timnas Indonesia U-18 bakal melakukan pertandingan uji coba lawan Iran sebanyak dua kali pada 4 September di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, dan pada 7 September di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Pelatih kepala Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini, menilai tingkat kemampuan para pemain Iran berada jauh diatas dari pemain Indonesia.

Meski begitu, Fakhri tetap yakin laga uji coba ini penting untuk dilakukan.


"Karena kami harus semakin banyak mendapatkan lawan berkualitas terutama untuk menguji lini pertahanan kami," ucap Fakhri kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/8).

Laga Lawan Iran Jadi Ujian Pertahanan Timnas Indonesia U-18Amiruddin Bagus Kahfi pernah mencetak gol ke gawang timnas Iran U-16. (Dok. AFC)
Sebelumnya, Fakhri sempat memiliki pengalaman bertanding lawan Timnas Iran U-16 dalam penyisihan Grup C Piala Asia U-16 2018. Ketika itu, ia berhasil mengalahkan Iran dengan skor 2-0 berkat gol pemain kembar, Amiruddin Bagus Kahfi dan Amiruddin Bagas Kaffa.

"Saya tidak lihat hasil tahun lalu [lawan Timnas Iran U-16 di Piala Asia U-16 2018] bisa membuat kami menang lagi. Tentu mereka akan ada perubahan tim yang mereka persiapkan untuk Piala Asia U-19 pada 2020 nanti," kata Fakhri.

[Gambas:Video CNN]
Fakhri menyatakan dua kali uji coba lawan Iran sebagai sebuah keuntungan bagi kedua tim. Ia mendapat informasi Iran bakal bawa lebih dari 20 pemain ke Indonesia untuk dilihat semua kemampuannya.

Laga Lawan Iran Jadi Ujian Pertahanan Timnas Indonesia U-18
"Sama, saya juga begitu. Saya akan berikan kesempatan untuk seluruh pemain, memberikan pemain pengalaman bertanding internasional. Tentu ini bahan evaluasi juga, saya masih punya waktu untuk mengeluarkan pemain lama atau memasukkan pemain baru," ujar dia.

"Harapan saya, siapapun bisa memberikan penampilan terbaik. Dan ini [uji coba lawan Iran] menjadi evaluasi kami sebelum masuk pemusatan latihan untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-19 2020," tambahnya.

Setelah menyelesaikan pertandingan Piala AFF U-18 2019, Fakhri dan anak asuhnya akan menjalani pelatnas di Yogyakarta untuk menyambut kualifikasi Piala Asia U-19 2020 menghadapi Timor Leste, Hong Kong, dan Korea Utara. (map/bac)


BACA JUGA