Bolt Cepat di Trek Lari, Tangkas Meraih Rezeki

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 17:03 WIB
Bolt Cepat di Trek Lari, Tangkas Meraih Rezeki Usain Bolt menjadi salah satu atlet dengan penghasilan besar. (Phil Noble)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gantung sepatu dari dunia atletik tak membuat Usain Bolt kekurangan uang. Sprinter yang telah memenangkan sembilan emas olimpiade tersebut memiliki basis kekayaan yang besar.

Bolt pernah masuk urutan ke-45 sebagai atlet yang mendapatkan bayaran tertinggi pada 2018. Kekayaan Bolt mencapai 45 juta poundsterling juta atau sekitar Rp778 miliar, yang berasal dari berbagai sumber seperti uang hadiah kejuaraan, bisnis, berbagai undangan acara, hingga sejumlah sponsor yang menggaet pria asal Jamaika tersebut.

Kehebatan Bolt di lintasan lari selalu mengantarnya menjadi juara. Dari pekerjaan utama tersebut Bolt mengumpulkan uang 1,7 juta poundsterling atau senilai Rp29,4 miliar.


Bolt pun tercatat sebagai pemilik perusahaan restoran bernama 'Tracks & Record'. Restoran ini mulai berdiri di Kingston, Jamaika, pada 2011 lalu. Tahun ini ia diketahui akan membuka restoran ketiga di Jamaika.

 Bolt Cepat di Trek Lari, Tangkas Meraih RejekiUsain Bolt dalam sebuah acara adu lari dengan kendaraan bermotor. (Cris BOURONCLE / AFP)
Kini restoran tersebut sudah memiliki banyak cabang di beberapa negara. Kali ini setidaknya 15 restoran 'Tracks & Records' Bolt telah muncul di seluruh dunia pada 2018 silam.

[Gambas:Video CNN]
Selain restoran, Bolt diketahui mendirikan Champion Shave yang merupakan perusahaan alat cukur di Miami, Florida, Amerika Serikat.

Sumber kekayaan terbesar Bolt berasal dari sponsor. Dia kerap menjadi incaran berbagai merek ternama demi menunjang profit.

 Bolt Cepat di Trek Lari, Tangkas Meraih Rejeki
Salah satu sponsor yang berani membayar mahal Bolt adalah Puma. Produsen sepatu ternama ini membayar lebih dari 7,7 juta poundsterling per tahun atau sekitar Rp133 miliar. Kesepakatan dengan Puma ini masih berlanjut hingga dirinya memutuskan gantung sepatu.

Wajah Bolt juga telah menghiasi berbagai macam iklan seperti, minuman berenergi Gatorade yang mengontrak dengan nilai sekitar 2,3 juta poundsterling atau Rp39,7 miliar. Jumlah ini belum termasuk bonus yang diberikan kepada pria 33 tahun tersebut.

Sponsor lainnya seperti Visa mengontrak sekitar 500 ribu poundsterling atau Rp9,4 miliar, Virgin Media sekitar 2 juta poundsterling atau Rp37 miliar, Digicel dan Soul Electronics sekitar 100 ribu poundsterling atau Rp1,88 miliar.

Bolt juga kerap menjadi bintang tamu di sebuah acara. Diketahui bayaran yang ia terima bisa mencapai US$400 ribu atau sekitar Rp5 miliar. (mcf/sry)