Ronaldo: Saya Mungkin Pensiun Tahun Depan

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 16:04 WIB
Ronaldo: Saya Mungkin Pensiun Tahun Depan Ronaldo mengatakan mungkin pensiun pada 2020. (REUTERS/Massimo Pinca)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang Juventus Cristiano Ronaldo membuka peluang pensiun dari dunia sepak bola di akhir musim nanti.

Ronaldo yang saat ini sudah 34 tahun tak pernah memikirkan waktu yang tepat untuk pensiun dari dunia sepak bola. Karena itu, keputusan pensiun Ronaldo bisa terjadi kapan pun, termasuk di akhir musim ini.

"Mungkin saya akan menyudahi karier saya pada tahun depan...tetapi saya juga bisa bermain hingga usia 40 atau 41 tahun."

"Saya tak tahu. Satu hal yang selalu saya katakan adalah saya akan berusaha menikmati momen yang ada. Anugerah yang ada pada diri saya sangat luar biasa dan saya harus terus menikmatinya," tutur Ronaldo dalam wawancara dengan TV1, dikutip dari Daily Mail.

Ronaldo mengatakan masih sanggup bermain hingga 40 atau 41 tahun. (Ronaldo mengatakan masih sanggup bermain hingga 40 atau 41 tahun. (REUTERS/Massimo Pinca)
Dalam satu dekade terakhir, Ronaldo memiliki kualitas permainan yang sulit ditandingi oleh pemain-pemain lain. Hanya bintang Barcelona, Lionel Messi yang dianggap bisa menyamai level Ronaldo.

Namun CR7 sendiri penuh optimisme menyatakan bahwa dia adalah pemain sepak bola dengan jumlah rekor terbanyak.


"Apakah ada pemain sepak bola yang memiliki lebih banyak rekor dibandingkan saya? Saya rasa tidak ada pemain sepak bola yang memiliki lebih banyak rekor dibandingkan saya," ujar Ronaldo.

Ronaldo Mungkin Pensiun dari Sepak Bola Tahun Depan
Ronaldo akan segera menjalani musim keduanya di Juventus. Pada musim lalu Ronaldo sukses mengantar Juventus jadi juara Serie A, namun gagal di babak perempat final Liga Champions.

Demi memenuhi ambisi menjadi juara Liga Champions, Juventus juga menambah sederet pemain bintang. Aaron Ramsey, Adrien Rabiot, dan Matthijs de Ligt untuk memperkuat komposisi tim musim depan. (mcf/bac)