PSSI Rayu FIFA demi Izin Gelar Kongres November

CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 01:52 WIB
PSSI Rayu FIFA demi Izin Gelar Kongres November PSSI bujuk FIFA agar diizinkan menggelar kongres pada November. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI mencoba merayu FIFA agar merestui rencana gelaran kongres untuk pemilihan kepengurusan baru pada November 2019.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Gusti Randa mengakui FIFA telah mengirimkan surat pada 7 Agustus 2019, yang meminta PSSI tetap menggelar kongres sesuai rencana awal yaitu Januari 2020.

Namun, PSSI tetap berencana menggelar kongres lebih cepat sesuai dengan kesepakatan di kongres sebelumnya.


"Kami mencoba untuk tetap menggelar pada November sesuai keputusan Exco. Tapi kalau nanti FIFA mengatakan tidak bisa [tahun ini], ya silakan mau tidak mau Januari," kata Gusti di Jakarta Convention Centre, Rabu (21/8).

Saat ini PSSI dipimpin Plt Ketua Umum Iwan Budianto.Saat ini PSSI dipimpin Plt Ketua Umum Iwan Budianto. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
"Exco beralasan kepada FIFA bahwa kami ingin federasi tetap kompak, karena ada voter [pemilik suara] yang menginginkan percepatan. Ada yang cuek saja, lalu ada juga yang tetap di Januari. Kami ingin membangun sepak bola, jangan sampai tercederai. Kira-kira begitu," katanya menambahkan.

Kendati begitu, Gusti menyampaikan PSSI akan kembali patuh kalau surat balasan berikutnya dari FIFA menyatakan harus gelar kongres pada Januari 2020.

Gusti pun menerangkan citra PSSI dilihat FIFA sedang bagus-bagusnya. Apalagi, lanjutnya, PSSI akan bidding menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

PSSI Rayu FIFA demi Izin Gelar Kongres November
"Jadi kami ingin jadi anak baik-baiklah. Terlebih lagi, September ini ada pra Kualifikasi Piala Dunia 2022. Jadi jangan sampai kegiatan-kegiatan ini terganggu dengan kesibukan-kesibukan [kongres] seperti itu, jadi tidak kondusif," ucap dia.

[Gambas:Video CNN] (map/jun)