Hasil Etape 4 Tour d'Indonesia 2019: Metkel Eyob Juara

CNN Indonesia | Kamis, 22/08/2019 21:09 WIB
Hasil Etape 4 Tour d'Indonesia 2019: Metkel Eyob Juara Etape 4 Tour d'Indonesia 2019 memiliki jarak tempuh 147,3 kilometer. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Trengganu Cycling Team asal Eritrea, Metkel Eyob, menjadi yang tercepat di etape 4 Tour d'Indonesia 2019 usai melahap 147,3 kilometer.

Eyob mencatatkan waktu 4 jam 16 menit 33 detik saat menempuh rute dari Jember menuju Paltuding Ijen di Banyuwangi, Kamis (22/8).

Di belakang Eyob ada pebalap Kinan Cycling Team, Thomas Lebas. Disusul Amir Kolahdouz Magh (Taiyuan Moigee Cycling Team), Marcos Gracia Fernandez (Kinan Cycling Team) serta Benjamin Dyball dari Team Sapura Cycling yang mengisi posisi lima besar pebalap tercepat di etape keempat.


"Balapan kali ini sangat ketat terutama di 10 kilomter terakhir saat tanjakan. Setelah tiga etape sebelumnya, kami berada di tanjakan yang curam. Saya melakukan yang terbaik untuk bisa mengambil etape ini, tim punya target menang di sini, jadi persiapan kami cukup bagus untuk itu," kata Eyob yang untuk pertama kalinya merasakan tanjakan curam di Ijen.

"Saya sangat senang bisa memenangkan etape ini karena saya bisa merepresentasikan negara saya. Di Eritrea mirip seperti di sini tanjakannya, jadi itu sebabnya saya memilih datang ke sini untuk tanjakan ini," lanjutnya.

Sementara itu, Lebas yang finis kedua menempati puncak klasemen sementara sekaligus pemegang green jersey. Lebas mencatatkan total waktu 16 jam 26 menit 03 detik di empat etape, menggeser Angus Lyons dari Olivers Real Food Racing Team dengan selisih waktu 1 menit 37 detik.

Kesuksesan Lebas menempati puncak klasemen tak lain berkat manuvernya di 10 kilometer terakhir dengan lintasan menanjak menuju Paltuding Ijen. Selain itu, Lebas juga meraih blue jersey atau 'raja tanjakan' di tiga kategori tanjakan yang terdapat di etape 4.

Metkel Eyob jadi yang tercepat di etape 4 Tour d'Indonesia 2019.Metkel Eyob jadi yang tercepat di etape 4 Tour d'Indonesia 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
"Ini bukan etape yang mudah bagi saya. Tapi saya punya tim yang bagus dan kami akan coba untuk mempertahankan ini. Di Jepang ada Gunung Fuji juga sulit, tapi mungkin ini adalah tanjakan yang paling sulit yang pernah saya rasakan," ucap Lebas.

Pebalap Asia Terbaik atau yellow jersey masih dipegang Goh Choon Huat dari Trengganu Cyling Team yang tampil konsisten sejak etape pertama. Sedangkan Red Jersey (sprinter) masih dipegang Rohan Du Play dari tim asal Afrika Selatan, ProTouch Cycling Team dan Aiman Cahyadi menjadi pebalap Indonesia tercepat.

Hasil Etape 4 Tour d'Indonesia 2019: Metkel Eyob Juara
Lebih Sulit dari Alpen

Perwakilan Commissioner UCI di Tour d'Indonesia 2019, Jacky Verdenet, memastikan tanjakan ketiga di 10 kilometer terakhir jelang finis etape keempat lebih sulit dibanding tanjakan Gunung Alpen yang merupakan bagian dari rute Tour de France.

"Ini jauh lebih indah dan lebih sulit dibanding dengan tanjakan yang ada di Alpen saat Tour de France. Semua tim banyak merasa kesulitan di sini dan saya sangat menyukainya," kata Verdenet.

"Pada tanjakan terakhir jauh lebih sulit dari tanjakan yang ada di Tour de France, itu betul sekali. Perbedaannya ada pada persentase ketinggian tanjakan, di sini persentase tanjakannya lebih dari 80 persen. Ini luar biasa, ini sangat menarik, terutama buat saya pribadi," kata Verdenet.

Verdenet mengaku sempat khawatir dengan lomba balap sepeda nomor road race di Asia yang selalu dibandingkan dengan Eropa. Namun, ia terkejut ketika datang ke Asia dan melihat dan menemukan level tour yang diadakan sudah sangat bagus, baik dari segi pemilihan jalur maupun dari organisasi pelaksanannya. (TTF/ptr)