Latihan Bersama Timnas Indonesia, 'Hukuman' untuk Bagus Kahfi

map, CNN Indonesia | Jumat, 23/08/2019 07:14 WIB
Latihan Bersama Timnas Indonesia, 'Hukuman' untuk Bagus Kahfi Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri ketika berlaga di Timnas Indonesia U-18. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy berharap penyerang Timnas Indonesia U-18 Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri tidak cepat berpuas diri sebagai pemain sepak bola.

Bagus menjadi satu-satunya peman yang dipanggil Simon untuk ikut berlatih bersama skuat Merah Putih senior. Panggilan tersebut sebagai bentuk apresiasi Simon yang menilai dia tampil bagus dalam Piala AFF U-18 di Vietnam beberapa waktu lalu.

Selain mengapresiasi penampilan pemain yang memiliki ciri khas rambut kribo itu, pemanggilan latihan bersama Timnas Indonesia tersebut bertujuan untuk membuat Bagus tak sombong.


"Kami harus mendorong Bagus, dia pemain hebat. Dia jadi bintang terlalu dini. Dia bermain dengan baik dan mengesankan pemain senior," kata Simon kepada para awak media di Stadion Pakansari, Kamis (22/8) malam.

"Saya bawa ke sini untuk ingatkan dia bahwa dia belum jadi apa-apa. Tapi di latihan tadi, dia luar biasa," katanya menambahkan.

Latihan Bersama Timnas Indonesia, 'Hukuman' untuk Bagus KahfiSimon McMenemy (kiri) memberi kesempatan kepada Bagus Kahfi berlatih bersama Timnas Indonesia. (CNNIndonesia.com/M. Arby Rahmat)
Lebih lanjut, Simon menegaskan tujuan dia memanggil Bagus hanya untuk memberikan pengalaman yang baru, bukan untuk memasukkan dia ke tim utama.
"Tentu prioritas saya adalah mempersiapkan Bagus untuk coach Fakhri [Husaini], saya mau kasih dia sebanyak-banyaknya kesempatan. Ini kesempatan yang baik agar dia bisa lebih baik lagi main berada dibawah asuhan Fakhri," ucap dia.

[Gambas:Video CNN]
"Terkadang pemain muda hebat di Indonesia punya pengikut yang banyak. Kami harus ingatkan mereka bahwa mereka belum jadi apa-apa, bagaimana caranya? Dengan membawa mereka berlatih bersama pemain senior," ucapnya melanjutkan.

Latihan Bersama Timnas Indonesia, 'Hukuman' untuk Bagus Kahfi
Mengenai latihan perdana Timnas Indonesia, Simon mengatakan para pemain masih dalam masa adaptasi kembali. Ia ingin memastikan kekompakan para pemain pulih dengan baik.

"Dan di latihan ini, saya mengingatkan kembali pola-pola yang dulu pernah dicoba. Latihan yang bagus, suasana yang hangat. Para pemain luar biasa, saya harap mereka bisa lebih baik lagi," ujar Simon.

Selain menjalani latihan jelang melawan Malaysia dan Thailand dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022, Simon juga menyiapkan laga uji coba bagi anak asuhnya.

"Ada 25 Agustus lawan klub Liga 2, kami sedang cari. Dan 29 Agustus lawan Bhayangkara," ujarnya kembali. (nva)