Peluang Ahsan/Hendra Ciptakan Rekor Langka di Kejuaraan Dunia

CNN Indonesia | Minggu, 25/08/2019 15:39 WIB
Peluang Ahsan/Hendra Ciptakan Rekor Langka di Kejuaraan Dunia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan punya rekor bagus di Kejuaraan Dunia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan punya peluang menciptakan rekor langka pada keikutsertaan mereka di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Kejuaraan Dunia 2019 merupakan kejuaraan dunia ketiga yang diikuti oleh Ahsan/Hendra sebagai pasangan. Dalam dua keikutsertaan sebelumnya, Ahsan/Hendra mampu mengakhiri turnamen dengan status juara.

Pada Kejuaraan Dunia 2013 yang merupakan kejuaraan dunia perdana Ahsan/Hendra, mereka mampu mengakhiri turnamen dengan keluar sebagai juara. Di laga final, Ahsan/Hendra mengalahkan Mathias Boe/Carsten Mogensen dengan skor 21-13 dan 23-21.


Setahun berikutnya Ahsan/Hendra tak ikut Kejuaraan Dunia 2014 karena mengalami cedera. Mereka kehilangan kesempatan untuk coba mempertahankan gelar.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat juara di Kejuaraan Dunia 2015.Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat juara di Kejuaraan Dunia 2015. (CNN Indonesia/Putra Permata Tegar Idaman)
Pada Kejuaraan Dunia 2015, Ahsan/Hendra kembali menunjukkan taringnya. Dalam turnamen yang berlangsung di Jakarta tersebut, Ahsan/Hendra menjadi juara usai mengalahkan Liu Xiaolong/Qiu Zihan dengan 21-17 dan 21-14.

Setelah Olimpiade 2016 usai, Ahsan/Hendra berpisah dan tak tampil bersama di Kejuaraan Dunia 2017. Ahsan/Hendra kembali berpasangan di 2018, tetapi juga tidak bermain di Kejuaraan Dunia.

Peluang Ahsan/Hendra Ciptakan Rekor Langka di Kejuaraan Dunia
Ahsan/Hendra baru kembali tampil di Kejuaraan Dunia pada edisi 2019. Ahsan/Hendra datang dengan status unggulan keempat dan berhasil lolos ke babak final.

Di babak final Ahsan/Hendra akan menghadapi Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Jika mampu menang atas ganda Jepang tersebut, maka rekor 100 persen Ahsan/Hendra tetap terjaga.

Kejuaraan Dunia 2019 ini sendiri bisa jadi kejuaraan dunia terakhir yang dimainkan oleh Ahsan/Hendra. Sejauh ini Ahsan/Hendra menyatakan fokus pada karier mereka hingga Olimpiade 2020 dan belum lagi berpikir kelanjutan karier setelah itu.

Usai edisi 2019, Kejuaraan Dunia baru akan kembali dimainkan pada 2021 karena turnamen ini tidak dilangsungkan pada tahun penyelenggaraan Olimpiade.

[Gambas:Video CNN] (ptr/har)