Jokowi Minta Venue PON Papua Digunakan untuk Pembinaan

CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 17:13 WIB
Jokowi Minta Venue PON Papua Digunakan untuk Pembinaan Penjaringan atlet muda menjadi salah satu tujuan pelaksanaan PON. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta venue dan seluruh infrastruktur pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua tetap dimanfaatkan setelah pesta olahraga nasional yang dihelat tahun depan itu selesai.

Jokowi tak ingin prasarana dan infrastruktur yang dibangun untuk menyambut PON serta Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2020 itu menjadi rusak serta tak terawat.

"Jangan sampai setelah pelaksanaan PON dan Peparnas prasarana olahraga yang sudah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit justru tidak dimanfaatkan dan menjadi rusak dan tidak terawat," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8).


Jokowi pun meminta Gubernur Papua Lukas Enembe membuat rencana pemanfaatan sarana prasarana olahraga, terutama untuk pembinaan calon atlet masa depan dari Papua.

Jokowi Minta Prasarana PON Papua Digunakan untuk PembinaanUnsur Papua dalam penutupan PON ke-19. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
"Saya yakin, tanah Papua akan lahirkan talenta-talenta yang hebat di bidang olahraga, termasuk sepak bola, atletik dan cabang lain," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan gelaran PON dan Peparnas tahun 2020 di Papua adalah ajang olahraga terbesar di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai perhelatan dalam merayakan keragaman, mempertebal semangat persaudaraan, serta memperkuat persatuan dan kesatuan.

Jokowi Minta Prasarana PON Papua Digunakan untuk Pembinaan
Dalam sisa waktu setahun ini, Jokowi meminta percepatan pembangunan infrastruktur pendukung penyelenggaraan PON, mulai dari pembangunan lokasi pertandingan hingga akomodasi bagi para atlet dan ofisial.

[Gambas:Video CNN]
"Saya minta para menteri terkait, Gubernur Papua, kita untuk terus terjun langsung memantau dan mengecek perkembangan dan persiapan di lapangan. Lakukan evaluasi secara berkala tentang masalah dan kemajuan yang sudah dicapai di lapangan," tuturnya.

Sejak awal diselenggarakan pada 1948, PON kerap diadakan di Pulau Jawa. PON 2020 selain pertama diadakan di Papua juga merupakan yang keenam dilaksanakan di luar Jawa setelah Medan, Makassar, Palembang, Samarinda, dan Pekanbaru.

PON tahun depan akan berlangsung 9-21 September 2020 di lima wilayah daerah penyelenggara yakni Kabupaten Biak Numfor, Jayapura, Mimika, Merauke, dan Kabupaten Jayawijaya. (fra/jun)