MotoGP San Marino, Peluang Terakhir Rossi Jadi Juara Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 27/08/2019 17:10 WIB
MotoGP San Marino, Peluang Terakhir Rossi Jadi Juara Dunia Valentino Rossi kini terpaut 134 poin dari Marc Marquez. (AP Photo/Rui Vieira)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP San Marino, 15 September 2019, akan menjadi peluang terakhir bagi Valentino Rossi untuk merebut gelar juara dunia MotoGP 2019.

Setelah hanya mampu finis keempat pada balapan MotoGP Inggris 2019, Minggu (25/8), Rossi turun ke posisi enam klasemen sementara musim ini. The Doctor digeser rekan setimnya, Maverick Vinales, dari posisi lima dan tertinggal dua poin.

Kesempatan Rossi untuk merebut gelar MotoGP 2019 dan melengkapi gelar juara dunia menjadi sepuluh semakin tipis usai MotoGP Inggris. Pasalnya, mantan pebalap Ducati dan Honda itu kini tertinggal 134 poin dari Marc Marquez dengan tujuh seri tersisa.


Dengan 175 poin penuh yang masih mungkin bisa direbut Rossi di sisa musim, maka MotoGP San Marino di Sirkuit Misano Marco Simoncelli akan jadi seri peluang terakhir merebut gelar juara dunia MotoGP 2019.

Valentino Rossi baru mampu merebut dua podium di MotoGP 2019.Valentino Rossi baru mampu merebut dua podium di MotoGP 2019. (Tiziana FABI / AFP)
Rossi tidak boleh kehilangan 16 poin dari Marquez pada balapan MotoGP San Marino. Jika itu yang terjadi, maka Rossi dipastikan tidak bisa lagi merebut gelar juara dunia musim ini karena terpaut 150 poin dari Marquez dengan enam seri tersisa.

Rossi sudah dipastikan tidak bisa mengalahkan Marquez pada klasemen MotoGP 2019 jika di akhir musim kedua pebalap memiliki poin yang sama. Pasalnya, Rossi sudah tidak mungkin mengalahkan jumlah kemenangan dan podium yang diraih Marquez musim ini.

[Gambas:Video CNN]
Rossi baru mampu merebut dua finis podium musim ini di MotoGP Argentina dan Amerika Serikat (14 April 2019). Sementara Marquez sukses merebut 11 finis podium, termasuk enam kemenangan di MotoGP 2019.

Kali terakhir Rossi menjadi juara dunia MotoGP terjadi pada musim 2009 bersama Yamaha. Ketika itu The Doctor mengalahkan rekan setimnya di Yamaha, Jorge Lorenzo.

MotoGP San Marino, Peluang Terakhir Rossi Rebut Gelar
Marquez sendiri berpeluang memastikan gelar juara dunia MotoGP 2019 di GP Thailand, 6 Oktober 2019, dengan syarat The Baby Alien unggul 100 poin atas Andrea Dovizioso usai balapan. Saat ini Marquez unggul 78 poin atas Dovizioso.

Live streaming MotoGP San Marino 2019 bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com. (har/ptr)