Usai Kejuaraan Dunia, Ahsan/Hendra Kejar Tiket Olimpiade 2020

CNN Indonesia | Selasa, 27/08/2019 22:20 WIB
Usai Kejuaraan Dunia, Ahsan/Hendra Kejar Tiket Olimpiade 2020 Ahsan/Hendra disambut saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta usai memenangi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. (Titi Fajriyah/CNNIndonesia.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, mengaku langsung mengalihkan fokus untuk mengumpulkan poin menuju Olimpiade 2020 Tokyo usai jadi juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019.

Hal itu diungkapkan keduanya saat penyambutan kedatangan mereka di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (27/8). Dalam kesempatan itu, hadir Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Wiranto beserta jajaran pengurus dan perwakilan KONI Pusat, Icuk Sugiarto.

"Semua orang tentu ingin juara, apalagi ini kado buat kemerdekaan. Target selanjutnya balik ke Olimpiade. Itu masih lama ya, tapi kita tetap fokus, maunya sih stabil prestasinya," kata Hendra.


Gelar juara dunia kali ini terasa lebih spesial buat Hendra karena menjadi yang keempat setelah pertama kali meraihnya bersama Markis Kido pada 2007. Selain itu, gelar ini juga menjadi kado ulang tahun Hendra ke-35 yang jatuh tepat saat laga final berlangsung pada Minggu (25/8).

Usai Kejuaraan Dunia, Ahsan/Hendra Kejar Tiket Olimpiade 2020Ahsan/Hendra foto bersama keluarga tercinta saat penyambutan keduanya di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Selasa (27/8). (Titi Fajriyah/CNNIndonesia.com)
Dalam perburuan poin ke Olimpiade, Ahsan/Hendra yang saat ini menempati peringkat kedua ranking dunia BWF itu bakal kembali turun di Korea Open dan China Open 2019. Konsistensi di setiap turnamen bakal jadi kunci bagi keduanya lolos ke Olimpiade 2020.

"Yang muda-muda ini kan juga pasti tidak mau kalah. Jadi ya kita harus lebih berjuang lagi di setiap pertandingan. Dari segi usia juga mereka masih muda, jadi kita yang harus menjaga kondisi stamina kita sendiri," ujar Ahsan.

Usai Kejuaraan Dunia, Ahsan/Hendra Kejar Tiket Olimpiade 2020
Sementara itu, Wiranto mengatakan keberhasilan Ahsan/Hendra tak lepas dari doa restu masyarakat Indonesia. Ia berharap ke depan lebih banyak wakil Indonesia yang bisa meraih gelar juara dunia.

"Kita bersyukur karena bisa menempatkan satu pasangan kita jadi juara dunia meskipun lawan yang kita hadapi kelas dunia. Adu skill, taktik tentu. Sebuah kebanggaan yang diberikan dari bulutangkis buat masyarakat Indonesia," ujar Wiranto.

Ahsan/Hendra meraih medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 usai mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi 25-23, 9-21, dan 21-15. Gelar juara dunia ini menjadi gelar juara dunia ketiga yang diraih Ahsan/Hendra setelah sebelumnya pada 2013 dan 2015.

[Gambas:Video CNN] (TTF/jal)