Indonesia vs Malaysia, Harimau Malaya Tolak Parkir Bus

CNN Indonesia | Senin, 02/09/2019 11:40 WIB
Timnas Malaysia akan tetap bermain menyerang dan memastikan tidak akan memainkan sepak bola negatif saat melawan timnas Indonesia. Timnas Malaysia akan tampil menyerang lawan timnas Indonesia. (AFP PHOTO / TED ALJIBE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Malaysia Tan Cheng Hoe berjanji timnya tidak akan menggunakan strategi parkir bus bersua Timnas Indonesia pada laga pertama Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

Cheng Hoe menegaskan timnas Malaysia tidak akan menerapkan strategi bertahan total dan memilih untuk tampil menyerang dengan mendominasi permainan.

"Ketika pertandingan tandang, dibutuhkan taktik yang solid. Kami akan membuat rencana pertandingan tapi kami masih akan tampil menyerang dengan mendominasi permainan. Tentu kami perlu meningkatkan sisi pertahanan untuk mendapatkan hasil yang positif," kata Cheng Hoe dikutip New Straits Times, Senin (2/9).


Cheng Hoe mengaku telah mempelajari gaya permainan Timnas Indonesia. Menurutnya, skuat besutan Simon McMenemy itu bakal tampil agresif untuk mencari gol di menit-menit awal.

Malaysia Tidak Akan Parkir Bus Lawan IndonesiaIlustrasi timnas Malaysia jelang lawan Indonesia. (AFP PHOTO / Mohd RASFAN)
Timnas Indonesia wajib memaksimalkan laga kandang melawan Malaysia untuk meraih kemenangan. Dengan begitu, tim Merah Putih punya modal bagus untuk melakoni laga selanjutnya kontra Thailand di stadion yang sama, 10 September mendatang.

[Gambas:Video CNN]
"Indonesia akan tampil menekan pada 20 menit pertama. Pemain saya tentu harus siap dalam menghadapi tekanan. Carannya tetap berada di posisinya masing-masing dan mencoba untuk kembali mendapatkan bola saat kehilangan. Ini adalah DNA Malaysia dan pemain sudah beradaptasi dengan baik," ucap Cheng Hoe.

Malaysia Tidak Akan Parkir Bus Lawan Indonesia
Cheng Hoe juga menyebut telah memperhitungkan tekanan dari suporter Timnas Indonesia yang bakal memenuhi SUGBK yang berkapasitas 70 ribu penonton itu. Meskipun PSSI sebagai panitia penyelenggara pertandingan telah menyiapkan lima persen tiket atau sekitar 3.500 untuk suporter Malaysia.

Selain itu, tekanan juga disebut Cheng Hoe datang dari beberapa akun penggemar di media sosial yang mencoba memprovokasi para pemainnya. Namun ia yakin hal itu tidak bakal mempengaruhi kondisi psikologis maupun mental pemain yang dianggapnya sudah berpengalaman itu.

"Saya percaya mereka bisa mengatasi semua kesulitan jika mereka hanya fokus pada pertandingan. Pemain saya punya pengalaman tampil di stadion yang dipenuhi penggemar. Jadi, mereka tahu bagaimana caranya mengatasi masa-masa sulit itu," ujar Cheng Hoe.

(TTF/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK