Ahsan Ingin Redam Ambisi Raih Medali Olimpiade

CNN Indonesia | Rabu, 04/09/2019 17:08 WIB
Ahsan Ingin Redam Ambisi Raih Medali Olimpiade Mohammad Ahsan tak mau langsung fokus pada target medali melainkan fokus untuk lolos ke Olimpiade terlebih dulu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak/wpa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mohammad Ahsan mengakui bahwa target besar duet Ahsan/Hendra adalah meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020, namun ia ingin terlebih dulu meredam ambisi tersebut saat ini.

Setelah jadi juara dunia bersama Hendra Setiawan, Ahsan mengaku berharap bisa memenangkan medali emas Olimpiade. Pada Olimpiade 2016, Ahsan/Hendra gagal meraih medali.

Saat itu, Ahsan/Hendra jadi salah satu andalan untuk meraih medali emas namun perjalanan mereka terhenti di babak penyisihan grup.


Setahun jelang Olimpiade, Ahsan mengaku tak berpikir terlalu jauh dan fokus pada tantangan-tantangan yang ada di depan mata terlebih dulu.
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memasang target lolos ke OIimpiade 2020.Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memasang target lolos ke OIimpiade 2020. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
"Tujuan utama kami ke Olimpiade. Medali Olimpiade belum saya dapatkan, tapi saya mau meredam ambisi ini."

"Perjalanan masih panjang, sekarang fokus untuk lolos Olimpiade dulu. Harapan saya, penentuan lolos dilihat dari ranking terbaik saja," ucap Ahsan dalam acara pemberian bonus di Jakarta, Rabu (4/9), dikutip dari rilis resmi PBSI.

Saat ini ada tiga pasang ganda Indonesia yang berada di posisi 10 besar dunia, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (peringkat 1 dunia), Ahsan/Hendra (2), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (6).

Sementara itu batas maksimal wakil di nomor ganda putra adalah dua wakil dan keduanya harus berada di zona delapan besar.
[Gambas:Video CNN]
Ahsan Sabet Bonus Rp500 Juta

Dalam kesempatan tersebut, Ahsan meraih bonus Rp500 juta usai berhasil jadi juara dunia 2019 di nomor ganda putra bersama Hendra.

Ahsan/Hendra berhasil jadi juara dunia setelah mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di babak final. Kemenangan Ahsan/Hendra menyelamatkan wajah Indonesia dari hampa gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019.

Atas keberhasilan tersebut, Ahsan mendapatkan bonus Rp500 juta dari PB Djarum dan voucher Rp50 juta dari Yuzu yang merupakan sponsor Ahsan.

"Selamat kepada Ahsan, sungguh tidak menduga, dan mereka juga tidak menduga bisa menjadi juara dunia lagi."

Ahsan Ingin Redam Ambisi Raih Medali Olimpiade

"Kedua sosok ini sangat mengagumkan, padahal umurnya sudah di atas 30 tahun. Semoga sebelum Ahsan/Hendra pensiun masih bisa meraih banyak prestasi mengagumkan," ucap Presiden Director Djarum Foundation Victor Hartono.

Sehari sebelumnya, Hendra juga mendapat bonus Rp500 juta dari klubnya, PB Jaya Raya. (ptr/jal)