Kurniawan: Emosi Suporter Rugikan Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 06/09/2019 11:46 WIB
Kurniawan: Emosi Suporter Rugikan Timnas Indonesia Kisruh suporter dianggap bisa merugikan Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto menyebut emosi yang dilakukan suporter kepada Malaysia bisa merugikan perjuangan tim Merah Putih di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Indonesia dipaksa menyerah 2-3 oleh Malaysia pada laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9) malam.

Pertandingan sempat terhenti sekitar 10 menit lantaran aksi suporter Indonesia yang menyerang pendukung Harimau Malaya. Insiden ini bisa membuat Indonesia terkena sanksi berat dari FIFA.


Kurniawan memahami kekecewaan mendalam yang dialami suporter Indonesia. Namun, emosi yang tidak terkendali dikhawatirkan bisa merugikan Indonesia.

Kurnian DY: Emosi Suporter Rugikan Timnas IndonesiaTimnas Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (CNN Indonesia/Fajrian)
"Marilah redam emosi. Takutnya kalau tidak bisa kontrol emosi malah merugikan Indonesia," kata Kurniawan kepada CNNIndonesia.com, Jumat (6/9).

Mantan striker PSM Makassar tersebut tak mau mengomentari permainan Indonesia usai dikalahkan Malaysia. Ia berharap Beto Goncalves dan kawan-kawan bisa menatap laga berikutnya melawan Thailand, Selasa (10/9).

[Gambas:Video CNN]
"Hanya berharap tim kita segera bangkit dan memenangkan pertandingan-pertandingan berikutnya," ujar mantan pemain Primavera Indonesia.

Kekalahan dari Malaysia membuat Indonesia jadi juru kunci Grup G. Sebaliknya Malaysia berhak menduduki puncak klasemen. Sementara Vietnam dan Thailand masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga.

Kurnian DY: Emosi Suporter Rugikan Timnas Indonesia
Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Thailand di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9). (jun/har)