Ulah Suporter Indonesia Bakar Semangat Timnas Malaysia

CNN Indonesia | Jumat, 06/09/2019 16:40 WIB
Ulah Suporter Indonesia Bakar Semangat Timnas Malaysia Malaysia merayakan gol ke gawang Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ulah suporter Indonesia mengintimidasi suporter Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9), menjadi penyemangat skuat Harimau Malaya untuk meraih kemenangan.

Malaysia tampil sebagai pemenang dalam laga matchday pertama fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ketika bertamu ke Indonesia.

Dua gol Mohamadou Sumareh dan satu sundulan akurat Muhammad Syafiq bin Ahmad membuat anak asuh Tan Cheng Hoe meraih kemenangan dramatis setelah sempat tertinggal dua kali.


Sumareh yang mencetak gol pada menit ke-36 dan pada masa tambahan waktu mengakui perilaku fan Indonesia membakar semangat para pemain untuk tampil lebih baik di lapangan.

Ulah Suporter Indonesia Bakar Semangat Timnas MalaysiaTimnas Malaysia mencetak tiga gol ke gawang Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Ini bukan pertandingan yang mudah. Saat fan kami dicaci oleh suporter Indonesia, itu memotivasi kami. Kami ingin berbicara di lapangan dan kami mencapai target kami," jelas Sumareh dikutip dari New Straits Times.

Ulah Suporter Indonesia Bakar Semangat Timnas Malaysia
Beberapa suporter Indonesia mencoba memberi atmosfer yang mencekam bagi tim tamu beserta fan dengan membentangkan poster yang berisi pesan provokatif. Selain itu juga sempat terdengar teriakan dan yel yang berisi hujatan terhadap negeri jiran tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Pada pertengahan babak kedua, laga sempat dihentikan sesaat karena ada suporter Indonesia yang turun dari tribune dan mendekati tribune suporter Malaysia. Bahkan ada juga oknum suporter yang berupaya mengambil bendera Malaysia.

Pelatih Tan Cheng Hoe sudah mengingatkan kepada anak asuhnya sejak jauh-jauh hari agar tetap berkonsentrasi pada pertandingan.

"Sebelum kami datang di sini, saya telah menyatakan pada pemain saya agar apapun yang terjadi, kami akan hanya fokus pada sepak bola," ujar Cheng Hoe.

Timnas Indonesia akan mendapat jatah bertandang ke Malaysia pada matchday keenam yang berlangsung November mendatang. (nva/jun)