Beda Bayaran Khabib dan Poirier Ibarat Bumi dan Langit

CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 21:11 WIB
Beda Bayaran Khabib dan Poirier Ibarat Bumi dan Langit Bayaran Khabib Nurmagomedov (kanan) dengan Dustin Poirier berbeda jauh. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perbedaan bayaran Khabib Nurmagomedov dan Dustin Poirier ibarat bumi dan langit pada laga UFC 242 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (7/9) malam waktu setempat atau Minggu (8/9) dini hari WIB.

Khabib mendapatkan bayaran tiga kali lipat lebih dibandingkan saat petarung asal Rusia itu saat melawan Conor McGregor pada Oktober 2018.

Ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, sempat menyebut bayaran anaknya saat bertarung dengan Poirier sebesar US$6 juta atau setara Rp84 miliar.


Dikutip dari BJPENN berdasarkan laporan TheSportsDaily.com, bayaran Khabib dan Poirier dihitung berdasarkan honor yang diterima sang petarung dari laga-laga sebelumnya.

Saat mengalahkan Conor McGregor pada UFC 229, Oktober 2018, Khabib mendapat bayaran sekitar US$2 juta. Sedangkan Poirier menerima US$330 (Rp4,6 miliar) setelah menumbangkan Max Holloway lewat kemenangan angka, dikutip dari Express.

Dustin Poirier (kanan) mendapat Rp4,6 miliar dari pertarungan melawan Max Holloway.Dustin Poirier (kanan) mendapat Rp4,6 miliar dari pertarungan melawan Max Holloway. (Logan Riely/Getty Images/AFP)
Sports Daily melansir sebagian besar komisi atletik internasional tidak pernah merilis bayaran yang bisa didapat petarung usai berduel. Karena itu tidak pernah ada angka resmi terkait bayaran tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Dalam pemberitaan BJPENN, Khabib diklaim mendapat gaji sebesar US$6,090 juta. Angka itu merupakan kalkulasi dari US$6 juta untuk bayaran tampil, US$40 ribu untuk bayaran persiapan intensif satu pekan jelang pertarungan, dan US$50 ribu untuk bonus pertandingan.

Kendati demikian, bayaran yang diterima Khabib dalam UFC 242 itu nyatanya berbeda jauh dengan yang didapat Poirier. Total petarung berjuluk The Diamond itu hanya mendapat US$290 ribu, atau bayaran Khabib tujuh kali lipat lebih dibandingkan lawannya itu

Bayaran Khabib dan Poirier di UFC 242 Beda Jauh
Usai pertarungan di Abu Dhabi, petarung asal Amerika Serikat itu mendapat bayaran dengan rincian bayaran US$250 ribu bayaran tampil dan US$40 ribu untuk intensif persiapan sepekani.

Sampai dengan saat ini, Poirier memiliki total kekayaan mencapai US$2.304.700 dari kariernya di dunia tarung bebas. Jumlah itu belum ditambah dengan bayaran dari duel melawan Khabib. (sry/bac)