Hasil Indonesia U-19 vs Iran: Zico Cetak Gol Kemenangan

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 17:28 WIB
Hasil Indonesia U-19 vs Iran: Zico Cetak Gol Kemenangan Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Iran dengan skor 1-0 pada laga uji coba kedua yang digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (11/9). (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Iran dengan skor 1-0 pada laga uji coba jilid dua yang digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (11/9).

Tuan rumah yang menuai kekalahan 2-4 pada laga uji coba pertama, mencoba untuk mengambil inisiatif sejak menit awal. Namun, tak ada gol yang bisa dikonversi.

Hal yang sama juga dialami Iran. Skuat arahan Seyed Akbar Pour Mousavi tampil tidak seagresif di laga pertama dan harus bermain imbang tanpa gol hingga babak pertama usai.


Indonesia mencoba tampil lebih menekan di babak kedua. Beckham Putra dan Supriadi coba dimasukkan untuk menambah agresivitas.

Timnas Indonesia U-19 terus melakukan persiapan untuk Piala Asia U-19 2019. (Timnas Indonesia U-19 terus melakukan persiapan untuk Piala Asia U-19 2019. (Foto: (dok. PSSI)

Keputusan pelatih Fakhri Husaini berbuah manis setelah Sutan Zico berhasil memecah kebuntuan di menit ke-47. Tembakan kerasnya dari sisi kanan gawang gagal diantisipasi sempurna kiper Amin Hossein Nikpour sehingga bola masuk ke gawang.

Bagus Kahfi nyaris memperlebar keunggulan di menit ke-71. Namun, tembakannya dari sisi kiri kotak penalti masih mengenai kaki Hossein Nikpour dan bola liar di depan gawang bisa diamankan pemain belakang lawan.

Iran mencoba bangkit dengan melancarkan serangan bervariasi. Salah satu peluang terbaik mereka tercipta di menit ke-82, namun tembakan Sayed Reza Mousavian berhasil dimentahkan kiper Muhammad Adistaryo.

Tiga menit berselang, Iran nyaris menyamakan kedudukan. Beruntung tembakan Alireza Khodaei masih bisa diblok pemain bertahan Indonesia meski sebelumnya berhasil melewati penjaga gawang Adistaryo.

Usaha keras Iran untuk menyamakan skor tak membuahkan hasil hingga peluit panjang dibunyikan. Keunggulan 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai.

Rangkaian uji coba ini bisa jadi pelajaran berharga bagi skuat arahan Fakhri Husaini jelang tampil di Kualifikasi Piala Asia pada 14 September mendatang. Filipina bakal jadi lawan pertama Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Senin (16/9).

Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Adistaryo; Amidruddin Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda (Rizky Ridho 45+2'), Muhammad Adhitya Aksah, Muhammad Salman Alfarid, David Maulana, Khairul Imam Zakiri, Brylian Aldama, Rendy Juliansyah, Amiruddin Bagus Kahfi, Sutan Zico.

Iran: Amin Hossein Nikpour; Hossein Shaverdi, Ahmad Reza Jalali, Mohammadreza Asgari, Alireza Asad Abadi, Mohammad Reza Moharrami, Mohammad Hossein Zavvari, Yasin Salmani (Ali Sobhani 18'), Mahdi Rahimabadi, Aria Barzegar, Mahdi Mohammad Ahmadi. (jun/har)