4 Faktor Barcelona Bisa Kalah dari Dortmund

CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 07:06 WIB
4 Faktor Barcelona Bisa Kalah dari Dortmund Barcelona patut waspada dengan Dortmund. (Photo by PAU BARRENA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona perlu waspada dengan Borussia Dortmund jika tidak ingin menelan kekalahan saat bertanding di Signal Iduna Park dalam laga Grup F Liga Champions, Selasa (17/9) waktu setempat.

Liga Champions 2019/2020 akan dimulai pada Selasa waktu setempat atau Rabu (18/9) dini hari WIB. Salah satu pertandingan di matchday pertama ini mempertemukan Dortmund vs Barcelona.

Meski memasukkan nama Lionel Messi ke dalam skuat, Barcelona yang tengah berambisi kembali juara Liga Champions setelah tiga musim menemui kegagalan tidak boleh menganggap remeh Dortmund.


Klub berjuluk Die Borussen itu memiliki sejumlah aspek yang bisa mengganjal Blaugrana meraih poin dalam pertandingan nanti.

Berikut empat faktor yang bisa membuat Dortmund mengalahkan Barcelona di Liga Champions dikutip dari situs Bundesliga:

Jadon Sancho (kiri) tengah dalam performa terbaik.Jadon Sancho (kiri) tengah dalam performa terbaik. (REUTERS/Leon Kuegeler)
1. Penampilan Apik Sancho

Salah satu andalan Dortmund di lini serang, Jadon Sancho, tengah dalam performa terbaik. Pemain asal Inggris itu mencetak dua gol dan memberikan dua assist dalam empat laga di Bundesliga.

Sancho bisa menjadi ancaman bagi pertahanan Barcelona di pertandingan nanti. Di Liga Champions musim lalu, pemain 19 tahun tersebut menorehkan satu gol dan memberikan tujuh assist.

[Gambas:Video CNN]
2. Sosok Alcacer

Striker Paco Alcacer tahu betul kekuatan Barcelona. Pemain asal Spanyol tersebut menghabiskan dua musim di Camp Nou dan pernah merasakan satu tim dengan Lionel Messi, Luis Suarez, hingga Neymar.

Tidak banyak bermain di Barcelona membuat Alcacer pindah ke Dortmund. Bersama klub Bundesliga itu Alcacer menjadi salah satu penyerang tajam, di musim ini ia sudah mengemas lima gol. Kualitas Alcacer dan pengalamannya di Barcelona bisa membantu Dortmund.

Borussia Dortmund berada di posisi kedua klasemen sementara Liga Jerman.Borussia Dortmund berada di posisi kedua klasemen sementara Liga Jerman. (Photo by SASCHA SCHUERMANN / AFP)
3. Dukungan Suporter

Dortmund tidak saja memiliki keuntungan bermain di depan suporter setia, tetapi juga dukungan spesial dari The Yellow Wall. Ribuan suporter yang mengisi tribune utara stadion itu kerap memberikan magis untuk Die Borussen.

4 Faktor Barcelona Bisa Kalah dari Dortmund
Kehadiran The Yellow Wall seperti mengintimidasi permainan lawan, dan itu sudah dibuktikan pada musim lalu. Di fase grup Liga Champions 2018/2019, tidak ada tim tamu yang bisa mencetak gol di Signal Iduna Park: AS Monaco (0-3), Atletico Madrid (0-4), Club Brugge (0-0).

4. Tren Bagus di Kandang

Dortmund memiliki rapor apik melawan tim asal Spanyol di kandang. Sejauh ini Dortmund hanya kalah tiga kali dari 15 pertemuan menjamu tim asal Spanyol.

Sebanyak lima dari tujuh pertemuan terakhir diraih dengan kemenangan. Atletico adalah tim Spanyol terakhir yang dikalahkan Dortmund 0-4, terjadi pada musim lalu. (sry)