Pemain Timnas Indonesia U-16 Dilarang Rayakan Gol

CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 15:32 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-16 Dilarang Rayakan Gol Para pemain Timnas Indonesia U-16 dilarang selebrasi usai cetak gol ke gawang tim lawan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, melarang para pemainnya melakukan banyak selebrasi usai mencetak gol. Itu berlaku untuk semua pertandingan di Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 2019.

Bima belajar dari pengalaman saat tampil di Piala AFF U-15 lalu. Kala itu, usai cetak gol pemain dianggap terlalu lama selebrasi dengan mendatangi pelatih atau kamera. Permintaan Bima itu pun diikuti pemainnya di dua laga awal, yakni ketika menang 4-0 atas Filipina dan 15-1 atas Kepulauan Mariana Utara.

"Sebelum laga, kami sampaikan ke anak-anak bikin gol tidak usah banyak selebrasi karena menguras tenaga dan habis waktu. Kalau ada kesempatan dan waktu, bisa bikin gol sebanyak mungkin. Ini berlaku di semua laga. Setelah gol, Alhamdulillah, sudah selesai," ucap Bima, Rabu (18/9).


Di sisi lain, Marselino Ferdinan yang mencetak lima gol buat Timnas Indonesia U-16 saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara mengaku bersyukur.

Ahmad Athallah Araihan mencetak empat gol ke gawang Kepulauan Mariana Utara. (Ahmad Athallah Araihan mencetak empat gol ke gawang Kepulauan Mariana Utara. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Dia menilai gol yang dibuat adalah buah dari kerja keras yang dilakukan pemain, tim ofisial, pendukung yang hadir serta orang tua pemain yang datang langsung ke Stadion Madya.

"Selain saya, Athallah Araihan cetak empat gol, [Alexandro] Felix yang menyumbangkan assist dan Ressa Aditya Nugraha yang menjadi jembatan untuk mengalirkan bola dari belakang ke depan," jelas Marselino.

[Gambas:Video CNN]
Timnas Indonesia U-16 hanya kebobolan satu gol dari Kepulauan Mariana Utara yang dicetak penyerang bernama Jim Kurt Maniago di injury time babak pertama. Marselino mengakui ia dan rekan-rekannya sudah dimarahi pelatih Bima Sakti di ruang ganti karena tidak fokus.

"Stopper-nya kaget saat bola datang. Mau intersep tapi momennya tidak pas, bolanya lebih dulu datang. Lini belakang kita juga tidak fokus. Di usia saat ini pasti panik karena kebobolan, tapi pelatih sudah kasih motivasi supaya bangkit lagi," ujar Marselino.

Pemain Timnas Indonesia U-16 Dilarang Selebrasi Gol
Selanjutnya, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Brunei Darussalam pada laga ketiga Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 di Stadion Madya, Senayan, Jumat (20/9). Setelah itu bakal menghadapi China di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (22/9). (TTF/har)