Selain Beruang, Khabib Akui Pernah Lawan 'Ayam'

CNN Indonesia | Jumat, 20/09/2019 17:42 WIB
Selain Beruang, Khabib Akui Pernah Lawan 'Ayam' Khabib Nurmagomedov juluki Conor McGregor sebagai MChicken. (AP Photo/John Locher)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain pernah menghadapi beruang di sesi latihan, bintang UFC Khabib Nurmagomedov mengaku sudah merasakan melawan 'ayam'. Duel lawan ayam dimaksudkan untuk mengejek rivalnya, Conor McGregor.

Popularitas Khabib di UFC melonjak drastis usai mengalahkan McGregor di UFC 229. Ketika itu Khabib menang di ronde keempat setelah membuat McGregor tap-out lewat teknik kuncian di leher.

Nama Khabib pun ikut meroket karena aksi kontroversial usai pertandingan. Ia sengaja melompati pagar octagon untuk menyerang rekan setim McGregor karena merasa dihina sebelum laga.


Profil Khabib pun berseliweran di media. Bahkan, video Khabib kecil saat berlatih dengan beruang mendadak viral di media sosial.

McGregor tak berdaya menghadapi kuncian Khabib.McGregor tak berdaya menghadapi kuncian Khabib. (REUTERS/Stephen R. Sylvanie-USA TODAY Sports)
Dalam video yang direkam pada 9 September 1997 itu, Khabib cilik tampak bergulat dengan beruang yang lehernya terikat. Khabib kecil tampak ceria dan menikmati sesi latihan yang diselingi bercanda.

Meski demikian, beragam reaksi dialamatkan kepada Khabib. Mulai dari decak kagum, hingga kritik pedas dari pencinta hewan.

Organisasi pelindung hewan (PETA) bahkan mendesak UFC mempertimbangkan untuk mencabut kontrak kerja sama karena sang petarung dianggap melakukan pelanggaran etika berat.

[Gambas:Video CNN]
Khabib sendiri mengaku hanya bercanda sekaligus melepas rindu dengan beruang tersebut. Namun, PETA tetap menilai Khabib tidak menunjukkan rasa respek terhadap beruang tersebut.

Video pertarungan Khabib dan beruang terus menjadi pembahasan dalam berbagai sesi tanya-jawab. Baru-baru ini, Khabib menjawab pertanyaan penggemarnya di Melbourne Australia terkait hewan yang pernah bertarung dengannya selain beruang.

Selain Beruang, Khabib Akui Pernah Lawan 'Ayam'
"Setelah melawan beruang... dua puluh tahun sesudahnya saya bergulat dengan burger McChicken," kata Khabib disambut gelak tawa dan tepuk tangan meriah.

McChicken yang dimaksud adalah Conor McGregor. Khabib sepertinya tak akan pernah melupakan hujatan menyakitkan dari McGregor.

Popularitas Khabib melonjak usai kalahkan Conor McGregor.Popularitas Khabib melonjak usai kalahkan Conor McGregor. (Steven Ryan/Getty Images/AFP)
Sebelum pertarungan, McGregor pernah melayangkan komentar menyakitkan terkait keluarga dan kepercayaan Khabib. Petarung asal Rusia itu sukses membungkam McGregor di UFC 292 lewat teknik kuncian di leher.

Selepas pertandingan, Khabib melakukan aksi kontroversial dengan keluar oktagon untuk menyerang rekan setim McGregor, Dillon Danis, yang dianggap telah melakukan provokasi.

Sempat dihalangi oleh beberapa petugas, Khabib Nurmagomedov yang sudah kadung emosi tetap berhasil melompati pagar pembatas octagon dan menghampiri Danis.

Duel Khabib vs McGregor menjadi salah satu pertarungan legendaris di UFC. Perdebataan di antara keduanya terus berlanjut hingga memunculkan rumor rematch yang hingga kini ditolak Khabib. (jun/ptr)