Kemenpora Peringatkan Pengelola Soal Balap Mobil di Area GBK

CNN Indonesia | Minggu, 22/09/2019 17:01 WIB
Kemenpora Peringatkan Pengelola Soal Balap Mobil di Area GBK Stadion GBK digunakan untuk balapan mobil. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memperingatkan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) terkait ajang balap mobil di area Stadion GBK yang akan digelar pada awal Oktober mendatang.

Dalam pernyataan resminya, Sekretaris Menpora (Sesmenpora) Gatot S. Dewa Broto mengungkapkan sudah berbicara dengan Direktur Utama GBK, Winarto, mengenai permasalahan tersebut.

Winarto disebut Gatot tidak membantah akan digelarnya kegiatan GBK Race. Latihan balapan yang beberapa hari terakhir viral di media sosial pun merupakan bagian dari uji coba jelang GBK Race.


Diklaim pula ajang balap mobil tersebut sudah sepengetahuan Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI). Namun, Gatot mengatakan Ketua Umum IMI Sadikin Aksa tidak pernah memberikan rekomendasi atau izin penyelenggaraan untuk GBK Race.

[Gambas:Video CNN]
"Kemenpora mengingatkan agar GBK tetap menjaga marwah GBK sebagai prasarana olahraga yang secara historis sangat identik dengan kegiatan olahraga," ujar Gatot dalam rilis resmi.

"Kemenpora sangat berharap PP GBK sangat berhati-hati supaya masalah rencana tersebut dipertimbangkan nilai kemanfaatannya bagi publik atau sebaliknya, karena berpotensi menimbulkan kegaduhan publik yang tidak perlu."

Kemenpora Peringatkan Pengelola Soal Balap Mobil di Area GBK
Di poin terakhir, Gatot meminta PPK GBK untuk secepatnya menjelaskan persoalan terkait penggunaan area Stadion GBK sebagai arena balap mobil tersebut.

Saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kepala Unit Pengelola GBK Mulyani mengatakan keputusan akhir ada di tangan Direktur Utama PPK GBK, Winarto.

"Keputusan pimpinan kami, kami harus dukung pimpinan kami. Saya harus mendukung, [kalau untuk lebih jelas] ke Dirut. Saya enggak bisa banyak bicara," kata Mulyani.

Sebelumnya netizen menyuarakan keberatan karena area Stadion GBK digunakan sebagai arena balap mobil. Mereka menilai penggunaan Stadion GBK sebagai arena drag race tidak sesuai karena area stadion diperuntukkan bagi pejalan kaki, lari, dan bermain sepeda. (jal/har)