Marselino Penerus Gen Bonek di Timnas Indonesia U-16

CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 19:11 WIB
Marselino Penerus Gen Bonek di Timnas Indonesia U-16 Marselino Ferdinan salah satu andalan di Timnas Indonesia U-16. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Marselino Ferdinan bisa dibilang salah satu Bonek yang menjadi andalan di Timnas Indonesia U-16 pada kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Marselino merupakan gelandang Timnas Indonesia U-16 kelahiran Surabaya. Namanya kian melejit seiring kesuksesannya membawa Garuda Asia lolos ke putaran final Piala Asia U-16 di Bahrain 2020 mendatang.

Kepiawaian Marselino mengolah si kulit bundar sudah mulai ia tunjukkan kala tampil di Piala AFF U-15 2019 di Thailand Agustus lalu.


Sementara Timnas Indonesia menempati perigkat ketiga, pemain yang akrab disapa Marsel itu menjadi pemain yang yang mencatatkan gol terbanyak kedua dengan lima gol. Torehan tersebut di bawah Paulo Domingos Freitas, pemain Timor Leste yang mencetak tujuh gol.

Marsel merupakan adik dari gelandang Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando. Saat ini, Marsel juga merupakan bagian dari pembinaan pemain muda binaan Bajul Ijo di Elite Pro Academy U-16 Persebaya.

Sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-16, Marsel juga selalu menjadi pemain pilihan utama pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Kepercayaan pelatih pun dibayar tuntas lewat kontribusinya untuk tim.

Marselino Ferdinan menciptakan tujuh gol untuk Timnas Indonesia U-16 di kualifikasi Piala Asia U-16 2020. (Marselino Ferdinan menciptakan tujuh gol untuk Timnas Indonesia U-16 di kualifikasi Piala Asia U-16 2020. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Marsel kembali membuktikan diri sebagai mesin gol Timnas Indonesia U-16 setelah menjadi pemain terbanyak kedua yang mencetak gol di sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-16 dengan catatan tujuh gol. Jumlah itu hanya terpaut satu gol dari pemain Taijikistan, Abdulfatohi Khudoidodzoda dengan delapan gol.

Dari empat pertandingan Timnas Indonesia U-16 di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16, Marsel mencetak gol atas namanya di tiga pertandingan. Hanya satu laga yang ia tidak mencetak gol yakni di laga terakhir saat Indonesia menahan imbang China 0-0 sampai pertandingan berakhir.

Pemain dengan nomor punggung 10 itu mencetak satu gol pada menit ke-46 saat skuat Garuda Asia menang 4-0 atas Filipina di laga pertama. Kemudian mencetak lima gol (8', 51', 53', 63' dan 60') saat Timnas Indonesia U-16 membantai Kepulauan Mariana Utara 15-1 di laga kedua.

[Gambas:Video CNN]
Marsel juga menjadi pemain yang ditunjuk Bima Sakti sebagai algojo dan mengambil penalti di menit ke-47 saat menghadapi Brunei Darussalam. Indonesia menang 8-0 sekaligus menjadi kemenangan ketiga buat Timnas Indonesia U-16 di Stadion Madya Senayan.

Sebenarnya, Marsel bisa menambah pundi-pundi gol atas namanya di sepuluh menit terakhir babak kedua. Namun sundulan pemain Persebaya Surabaya itu masih lemah dan belum membahayakan gawang China U-16.

Marselino Penerus Gen Bonek di Timnas Indonesia U-16
Dari 16 tim peserta putaran final, Indonesia jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-16 2020. Thailand gagal lolos dari grup K, Malaysia tak bisa menghadapi persaingan di grup J, begitu juga dengan Vietnam yang tak bisa lolos dari grup H.

Timnas Indonesia U-16 lolos sebagai runner up terbaik setelah menahan imbang China tanpa gol pada laga terakhir pada kualifikasi Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (22/9). Di klasemen penentuan runner up terbaik, Garuda Asia ada di posisi kedua di bawah Yaman dengan produktivitas 12 gol dibanding runner up lainnya. (TTF/jun)


BACA JUGA